Makalah Pert8PWS_APPRILIA AGUSTI_2IA19_50420206

 

 ANALISIS DAN DESAIN WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ELEKTRONIK

APPRILIA AGUSTI

 Jurusan Tekhnik Informatika Universitas Gunadarma

Jl. KH. Noer Ali, RT.005/RW.006A, Jakasampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17145

 

Abstarct

The research was motivated by increased number of businesses and services that entering e-commerce system as online media sales.With e-commerce, company information that can be quickly loaded and delivered to the consumer, and reach more marketing. This studyadoptsan open source application media creation prestashope - commerce website for full features and many modules area vailable for free. Type of research is descriptive qualitative research method with analytical method used is the data analysis spiral who proposed by cresswell. Processes of analytical spiral method is data managing, reading and memoing, describing classifying and interpreting, dan representing adn visualizing. The results of the data analysis spiral is a new system and then continued the process of bulding an e-commerce website, e-commerce website design, input data to e-commerce website and the last show was the result of the process is done.

Keyword : E-Commerce, Website, Online Marketing

 

1.       PENDAHULUAN

1.1  Latar belakang Masalah

        Dalam era teknologi seperti sekarang ini perkembangan teknologi telekomunikasi dan             penyimpanan data yang menggunakan komputer memungkinkan pengiriman data jarak jauh      merupakan salah satu metode cepat dan relatif murah. Namun pengiriman data jarak jauh seperti     ini yang bisa menggunakan sarana internet ataupun berupa gelombang radio dan media lain, tidak     menjamin keamanan pada data tersebut. Akan sangat memungkinkan adanya pihak lain yang     dapat menyadap dan mengubah data yang dikirim. Sehingga data yang diterima akan merubah atau   bahkan akan hilang, tidak diterima oleh sipenerima.

Memasuki era teknologi informasi sekarang ini, berbagai ilmuan dalam bidang ilmu teknologi telah mengembangkan berbagai cara dalam mengatasi permasalahan sistem keamanan suatu dalam suatu data. Mereka mengembangkan berbagai cara untuk menangkal serangan – serangan yang bisa mengancam keamanan data. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode penyandian pesan yang disebut sebagai ilmu kriptografi yang menggunakan transformasi data sehingga data yang dihasilkan tidak dapat dimengerti oleh pihak ketiga.

Transformasi ini memberikan solusi pada dua masalah keamanan data, yaitu masalah privasi (privacy) dan keautentikan (authentication). Privasi mengandung arti bahwa data yang dikirim hanya dapat dimengerti oleh penerima yang sah. Sedangkan keautentikan mencegah pihak ketiga untuk mengirimkan data yang salah atau mengubah data yang dikirimkan. Sehingga pengiriman data akan menjadi lebih secure terhadap serangan dari pihak ketiga yang tidak berhak merubah semua informasi pada data – data tersebut.

 

1.2   Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

1.      E- commerce apa saja yang akan dibahas?

2.     Bagaimana mekanisme e-commerce?

3.     Apa saja langkah – langkah dalam menganalisis data?

4.     Apa saja data analisis spiral?

 

1.3   Tujuan Penelitian

1.     Menambah wawasan mahasiswa dan masyarakat mengenai proses pembuatan website

2.     Menambah wawasan mengenai mekanisme pada suatu web e-commerce

 

2.       LANDASAN TEORI

2.1   Website

Website adalah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan di manapun melalui internet. Website pertama di dunia dibuat oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1980-an dalam project World Wide Web (W3). Kemajuan teknologi informasi, mendorong banyak manusia untuk menciptakan inovasi - inovasi baru untuk membantu manusia dalam mendapatkan informasi. Kecepatan dan keakuratan informasi yang dulu memerlukan waktu yang lama kini dalam hitungan detik informasi tersebut sudah dapat diterima dan sudah kewajiban perusahaan untuk menyediakan informasi tersebut agar cepat dan mudah diterima konsmuen. Banyak cara sebuah perusahaan untuk melakukan promosi, antara lain dengan memasang iklan melalui media cetak ataupun media elektronik, menyebarkan brosur, memasang spanduk, dan lain sebagainya. Setrategi pemasaran seperti itu membutuhkan biaya yang sangat besar dan terlihat monoton serta kurang menarik. Kesulitan lain juga terjadi dimana perusahaan kesulitan dalam menemukan pembeli yang tepat. Begitu juga dengan pihak konsumen kesulitan dalam mencari produkproduk yang dibutuhkan. Hal ini yang menyebabkan tuntutan pelayanan internet agar bisa melebihi promosi dari apa yang bisa diperoleh di dunia nyata untuk menjual barangbarang komoditi secara online. Penjualan barang secara online atau bisa disebut e-marketing. EComerce itu sendiri adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya (wikipedia). Penggunaan sistem E-Commerce menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual. Bagi pihak konsumen, menggunakan ECommerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi lebih singkat. Selain itu, harga barangbarang yang dijual melalui E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak konsumen lebih singkat dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap, sehingga walaupun proses pembelian dilakukan secara online, akan tetapibanyak informasi penting didapatkan untuk produk yang akan dibeli. Prestashop adalah salah satu aplikasi gratis open source yang menjadi media membuat website ecomorce, dan masih ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuat website ecommerce seperti osCommerce, OpenCart, dan lain lain.

 

2.2   Jenis – Jenis Website

1.     Website Pribadi

Website pribadi adalah jenis website yang dimiliki oleh individu, yang biasanya digunakan untuk tujuan profesionalitas atau menyampaikan opini pribadi.

Misalnya, Anda dapat menunjukkan berbagai karya atau pengetahuan Anda melalui sebuah website portofolio

2.     Website Toko Online/E-commerce

Jenis website ini digunakan sebagai toko di ranah online. Penggunaan website toko online sangat populer karena dinilai dapat menjalankan bisnis secara efektif, terutama dengan pangsa pasar online yang jauh lebih luas. Website toko online memiliki halaman dan menu yang menunjukkan aktivitas bisnis dari sebuah tempat berbelanja. Diantaranya ada fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta halaman produk, dan lainnya. Website toko online juga bisa Anda desain dengan layout sesuai kebutuhan menggunakan warna khas bisnis, logo, dan sebagainya. 

 

3.     Website Company Profile

Website company profile adalah jenis website yang digunakan untuk menunjukkan eksistensi perusahaan. Jadi, ketika ada yang ingin mencari informasi tentang perusahaan tersebut melalui internet, website inilah yang menjadi sumber utamanya. Tak hanya itu, website company profile juga penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Website ini akan menampilkan profil dan berbagai informasi seputar perusahaan.

Contohnya, website company profile milik Unilever yang berisi profil, jajaran pimpinan perusahaan, berita, karir, hingga informasi investor. Di dalam website company profile, sebuah perusahaan juga bisa menunjukkan campaign yang sedang dijalankan. Contohnya, Unilever yang mengangkat isu lingkungan dan kepedulian terhadap sustainability. 

 

4.     Website Gallery

Seperti namanya, website gallery adalah jenis website yang menampilkan konten visual seperti foto dan video. 

Biasanya, website gallery menyediakan stok foto dalam jumlah dan dengan kualitas tinggi. Foto tersebut bisa Anda dapatkan baik secara gratis maupun dengan membeli lisensi dan dapat digunakan sebagai pendukung konten, visualisasi iklan, dan lainnya. 

 

5.     Website Komunitas

Website komunitas atau website forum adalah jenis website yang dapat menjadi wadah berkomunikasi bagi para penggunanya. Website ini biasanya memiliki fasilitas seperti, pengguna dapat membuat thread atau konten dalam berbagai topik, lalu orang lain mengajukan pertanyaan, berkomentar, dan sebagainya. 

 

6.     Website Berita

Website berita adalah jenis website yang bertujuan menyebarkan berita terupdate. Website jenis ini semakin populer karena saat ini ranah berita offline sudah mulai ditinggalkan. Selayaknya koran, website portal berita berisi informasi terkini dalam berbagai topik, seperti politik, kesehatan, lingkungan, bahkan wawancara dengan tokoh tertentu. 

Contohnya yaitu The New York Times, yang mempublikasikan berbagai macam berita setiap harinya. 

 

7.     Blog

Terakhir, terdapat jenis website yang dapat memuat banyak konten artikel yang disebut blog. Blog biasanya membahas niche atau topik tertentu, seperti keuangan, teknologi, kecantikan, kuliner, dan lainnya. 

Contohnya, blog naked-traveler yang rutin membahas seputar travel dalam bentuk artikel. 

 

1.3          Unsur – Unsur Website

1.     Domain

Domain adalah alamat sebuah website. Awalnya, untuk mengunjungi suatu website Anda perlu mengetahui alamat IP yang ditandai deretan angka. Karena alamat IP sangat sulit diingat, maka terciptalah sistem “penamaan” alamat website. Misalnya, niagahoster.co.id, youtube.com, google.com, dan lain sebagainya.    

2.     Hosting

Hosting atau web hosting adalah server tempat di mana semua file website Anda disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. Hosting bisa diibaratkan sebuah rumah dan website adalah seluruh isi rumah tersebut, mulai dari gambar, video, teks, dan lainnya.

3.     Konten

Semua informasi itu disediakan dalam bentuk konten website. Dengan adanya konten, pengunjung dapat mengetahui informasi yang ada di sebuah website baik dalam bentuk gambar, video, bahkan teks.

Sebagai contoh, website Niagahoster ditujukan sebagai pusat informasi bisnis online dan tempat konsumen bisa membeli produk.  Maka, konten yang ditampilkan adalah penjelasan berbagai produk di beberapa landing page, informasi penggunaan produk dan topik seputar produk dalam bentuk blog, hingga halaman kursus yang memberikan value lebih kepada konsumen.

4.     Bahasa Pemrograman (Kode)

Tim Berners-Lee awalnya mengembangkan website dengan bahasa pemrograman HTML. Seiring berkembangnya dunia coding, terciptalah beberapa bahasa pemrograman seperti CSS untuk mengatur tampilan elemen website, JavaScript agar website lebih dinamis serta interaktif, dan lainnya. 

Ketiga bahasa pemrograman tersebut, mulai membuat banyak website menarik bermunculan dan melahirkan banyak programmer hebat yang mampu membuat website dengan baik. Namun, teknologi website terus berkembang sehingga orang yang tidak memiliki keahlian bahasa pemrograman bisa membuat website dengan CMS (Content Management System), software untuk mengatur konten website. 

5.     Tampilan 

Informasi di dalam sebuah website itu penting, tapi tampilan yang baik juga diinginkan oleh pengunjung. Bahkan, 48% pengguna internet menyebutkan bahwa desain website adalah faktor dalam menentukan kredibilitasnya, apalagi untuk website bisnis. Tampilan website bukan hanya sekedar menarik, tetapi juga harus user friendly. Artinya, menarik berkat kombinasi warna yang pas dengan struktur yang rapi sehingga memudahkan akses pengguna di semua perangkat.

 

 

1.4          Manfaat Website

1.     Menjadi Media untuk Berbagi Wawasan

Jika Anda memiliki hobi, pengetahuan, dan pengalaman di bidang tertentu, Anda bisa menjadikannya sebagai niche blog Anda. Sebagai contoh, kuliner, desain, teknologi, travel, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa berbagi informasi dengan banyak orang dan sekaligus berkomunikasi dengan orang dengan minat sama untuk berbagi pengalaman.

 

2.     Menjadi Sumber Penghasilan

Bukan hanya untuk menyampaikan opini pribadi, website juga bisa menjadi sumber penghasilan. Caranya pun cukup banyak, melalui media blog Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense, melakukan posting yang berbayar sebagai blogger ataupun mempromosikan produk tertentu sebagai seorang influencer

3.     Menjadi Platform Bisnis

Jika Anda memiliki bisnis, maka website dapat menjadi representasi Anda di dunia online. Sebagai contoh, meskipun sudah memiliki toko offline, Anda bisa membuka toko online untuk memudahkan calon konsumen membeli produk Anda kapan saja dan di mana saja. Bukan hanya sebagai rujukan informasi paling update tentang produk bagi konsumen, website tersebut bisa menjadi tempat paling ideal untuk melakukan berbagai promosi menarik. 

4. Membangun Branding

Website juga dapat digunakan membangun branding bisnis. Hal itu karena website dapat Anda kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis yang menjelaskan identitas online Anda. Misalnya, Anda bisa mencantumkan logo, brand identity, dan sebagainya. Tak hanya bagi bisnis, website juga dapat digunakan untuk membangun personal branding. Website tersebut dapat Anda isi dengan berbagai karya ataupun artikel seputar skill yang Anda kuasai.  Ibaratnya, website tersebut bisa untuk membangun portofolio pribadi. Hal itu sangat berguna untuk mencari pekerjaan ataupun project tertentu. 

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis 

Dengan memiliki website resmi, konsumen akan tahu bahwa bisnis Anda benar-benar ada. Konsumen tahu kemana harus mencari informasi seputar produk, menghubungi customer service, dan sebagainya. Dengan begitu, kredibilitas bisnis dapat terjaga.

6. Sarana Mengembangkan Bisnis 

Ada banyak potensi yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis melalui penggunaan website. Misalnya, upaya digital marketing, SEM atau strategi iklan berbayar di mesin pencarian, SEO atau optimasi agar berada di halaman teratas pencarian Google, dan lainnya.

7. Menjadi Sumber Informasi

Berdasarkan penelitian Hootsuite, 202,6 juta orang di Indonesia mencari informasi di internet atau setara dengan 73,7% dari total populasi. Itu artinya, website dapat menjadi sumber informasi, baik website berita, website komunitas, blog, dan yang lainnya.

8. Mengakses Layanan Publik 

Website dapat dimiliki oleh siapapun, termasuk instansi yang memberikan pelayanan umum, seperti rumah sakit, bank, kantor polisi, kantor pajak, dan sebagainya. Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses layanan dengan lebih mudah dan cepat.

9. Menggalang Aksi Sosial 

Tidak sedikit website yang ditujukan untuk menyelenggarakan aksi sosial sebagai jenis website komunitas atau semacamnya. Salah satu contohnya, KitaBisa.com merupakan website tempat masyarakat dapat berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk bisa membantu orang yang membutuhkan. 

 

1.5          E – Marketing

e-Marketing, also often referred to as online marketing, assumes that the classical rules of marketing hold. In addition, market potentials are developed and existing business relations are strengthened with eMarketing by using the Internet as a communication channel. The wellknown AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) formula or modified forms of it are still valid: attention must be attracted to a web site, interest aroused, desire created, and sales actions triggered. The goals of marketing are not new, but the ways and means of achieving them are. E-Marketing bisa disebut sebagai metode penjualan melalui internet, sedangkan ecommerce bisa disebut toko atau lapak untuk jualan di internet, dan ditoko tersebut terjadi proses penjualan, manajemen produk.

 

1.6          Definisi E-Commerce

E-Commerce sebagai pembelian dan penjualan barang dan layanan dengan menggunakan internet. Perdagangan elektronik atau ecommerce: Electronic commerce, terdiri dari penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, world wide web (www), atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, sistem pengumpulan data otomatis Sedangkan menurut Purbo dan Wahyudi (2000:2) yang mengutip pendapat David Baum PHQ\HEXWNDQ ³e-commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Berdasarkan pengertian mengenai definisi ecommerce tersebut, maka e-commerce adalah aplikasi berbasis web untuk melakukan proses penyamapain informasi dan penjualan melalui internet.

 

1.6.1          E – Commerce Shoppe

 

 

Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual beli secara online dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online tanpa harus ribet menggunakan perangkat komputer. Untuk menunjang aplikasi, Shopee telah menawarkan berbagai kategori produk seperti fashion dan perlengkapan rumah tangga. Ada 26 kategori yang tersedia di Shopee, yaitu :

1.   Pakaian Pria

2.   Pakaian Wanita

3.   Handphone & Aksesories

4.   Kecantikan

5.   Komputer & Aksesories

6.   Perlengkapan Rumah Tangga

7.   Fashion Bayi & Anak

8.   Sepatu Pria dan Wanita

9.   Tas Pria dan Wanita

10. Jam Tangan

11. Fashion Muslim

12. Elektronik

13. Aksesories Fashion seperti kacamata

14.Kesehatan

15. Hobi & Koleksi

16. Fotografi

17. Makanan & Minuman

18. Olahraga & Outdoor

19. Otomotif

20.Voucher

21.Buku & Alat Tulis

22.Serba Serbi

23.Souvenir & Pesta

Beberapa keunggulan Shopee :

1.   Menjual barang dengan cukup cepat dan dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 detik.

2.   Memudahkan si penjual dalam memasarkan barang dagangannya dengan fitur foto. Sehingga bisa mengunggah foto barang hingga Sembilan foto. Hal ini dimaksudkan pembeli bisa menilik lebih jeli tentang barang yang akan ia beli.

3.   Ada fitur pemberitahuan tentang sistem pembayaran sampai dengan penyelesaian transaksi. Sehingga memudahkan penjual dalam mengecek transaksi jual beli online.

4.   Memberi kemudahan dalam memilih produk seperti memilih varian motif, warna hingga ukuran. Jadi jangan khawatir apabila tidak sesuai.

5.   Memiliki layanan gratis ongkis atau ongkos kirim.

6.   Memiliki layanan terbaru yang bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik PLN.

7.   Memiliki tampilan yang dikemas menarik dan dapat digunakan dengan mudah walaupun oleh pengguna yang baru.

8.   Menghadirkan fitur Live Chat yang memudahkan pembeli agar bisa langsung berbicara dengan si penjual untuk bisa bertransaksi atau bernegosiasi. Fitur ini sangat memudahkan pengguna shopee karena mengingat pada situs e-commerce atau aplikasi yang lain yang harus menyimpan nomor telepon terlebih dahulu ketiks ingin bertransaksi.

9.   Memiliki fitur tawar menawar yang memungkinkan si pembeli untuk menawar harga.

10.Memiliki fitur berbagi yang lengkap agar dengan mudah menyebarkan info ke berbagai situs media sosial atau aplikasi messenger, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Whatsapp.

11.Shopee mengintegrasikan fitur media sosial yang mencakup fungsi hashtag, agar mempermudah pengguna dalam mencari barang atau produk yang sedang popular atau untuk mengikuti tren produk terbaru secara mudah.

1.6.2      E-Commerce Lazada



Lazada adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olahraga. Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 pada bulan Januari oleh perusahaan asal Jerman yaitu Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan inkubator yang sukses mnciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Selain Rocket Internet, keberadaan Lazada juga diprakarsai oleh perusahanperusahaan lain yang turut berinvestasi pada Lazada. Setelah JP Morgan, beberapa rekanan lain ikut mempercayakan investasi pada lazada dan perusahaan induknya, Rocket Internett Pada November 2012, Kinnevik, perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga USD 40 juta. Sebulan kemudian, pada Desember 2012, Summit Partner, salah satu perusahaan modal terbesar di dunia berinvestasi 54 sebesar USD 26 juta. Dan pada bulan Januari 2013, Tengelmann, group retail strategis dari jerman menanamkan investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta. Grub Lazada Internasional di Asia Tenggara terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Vietnam, Lazada Thailand, dan Lazada Filipina. Lazada mengklaim bahwa Lazada adalah sebuah toko online Indonesia yang memang patut diakui kredibilitasnya karena pelayanannya dak kualitas website yang sangat baik dengan kelebihan-kelebihan seperti : 1. Sistem kerja yang professional karena dilakukan evaluasi terhadap keluhan-keluhan konsumen setiap minggunya. 2. Metode pembayaran yang aman dan sudah memberlakukan COD (Cash On Delivery) 3. Menambah income dengan program affiliate yaitu dimana masyarakat bias mendapatkan komisi dari penjualan-penjualan yang ditawarkan Lazada melalui blog atau website. 4. Keamanan yang bias dipertanggungjawabkan karena Lazada adalah sebuah perusahaan resmi yang berbentuk PT ( Perseroan Terbatas). 5. Website Lazada dari segi SEO ( Search engine Optimization) sangat baik yang mempunyai fungsi untuk mengoptimalkan kinerja search engine ataupun website agar berkualitas dari segi search engine dan visitor atau konsumen. Pada tanggal 12 Desember 2012 atau tertulis 12, 12, 12, Lazada melakukan gebrakan besar dengan membuat event diskon besar-besaran yang tentu saja 55 disambut positif oleh masyarakat dengan tingginya angka pernjualan setelah adanya kampanye ini. Lazada menyadari pentingnya sebuah user interface yang memfasilitasi segala kebutuhan konsumen sehingga member banyak kemudahan dalam berbelanja. Oleh karena itu pada 31 Desember 2012 lazada meluncurkan website dengan interface baru yang lebih bersahabat dan mudah digunakan oleh setiap pengunjung lazada.co.id. beberapa diantaranya adalah memperbanyak kategori produk sebanyak 13 buah dengan jumlah 25.000 produk yang dijual online. Pada Februari 2013 lazada Indonesia meluncurkan iklan TVC Lazada.co.id yang perdana di televisi nasional. Jumlah pelanggan yang puas terus meningkat. Hal ini tercermin pada Maret 2013 lazada menjadi top 40 website di Indonesia. Lazada sebagai perusahaan yang bergerak dibidang ritel e-commerce di Indonesia berharap dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membeli berbagai jenis produk dengan cukup mengakses situs ataupun aplikasi dari Lazada. Ditunjang dengan fasilitas multiple payment termasuk cash on delivery (COD) yang memberikan kemudahan bagi konsumen. Selain memberikan kemudahan transaksi ,lazada Indonesia juga memberikan berbagai promo-promo serta diskon dengan potongan harga murah dan penawaran-penawaran yang pastinya menarik untuk para pembeli. Untuk informasi mngenai segala produk dapat diakses di website Lazada Indonesia yaitu Lazada.co.id. Semenjak lima tahun beroperasi semenjak Maret 2012 lalu, Lazada telah berhasil mencatatkan beberapa pencapaian yang luar biasa. Pada bulan September 56 2014 lalu Lazada Indonesia berhasil melakukan penjualan secara eksklusif smartphone Xiaomi Redmi 1S yang habis terjual dalam waktu 7 menit. Di bulan tersebut juga, Lazada telah meraih penghargaan sebagai situs e-commerce terpopuler di Indonesia berdasarkan hasil riset oleh perusahaan Nusa Research. Pada bulan desember 2014 Lazada berhasil mengadakan event Online Revolution 12.12, yaitu event promo yang diprakarsai oleh Lazada Indonesia yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan e-commerce tanah air, dari event ini dapat diketahui bahwa Lazada berhasil mencatatkan 10 juta kunjungan pada situs dan aplikasi lazada dalam kurun waktu 24 jam. Dan sampai akhir Desember 2014 tercatat total nilai barang yang terjual (GMV atau Gross Merchandising Volume) di Lazada adalah $384 juta dan mengalami peningkatan 300% disbanding tahun 2013.

1.6.3      E-Commerce Tokopedia



Tokopedia (www.tokopedia.com) hadir sebagai e-commerce baru yang inovatif dan mengusung konsep kumpulan berbagai toko online di Indonesia. Segala aktivitas jual beli dan proses transaksi akan dijamin keamanannya melalui perantaraan Tokopedia. Konsep ini diharapkan dapat mewujudkan suatu bentuk mall online yang memprakarsai dan mengkoordinasi sejumlah transaksi e-commerce. Perjalanan Tokopedia dalam merintis startup hingga sukses seperti sekarang ini bukanlah suatu hal yang terbilang mudah. Awalnya dua orang anak muda bernama Leontinus Alpha Edison dan Wiliam Tanuwijaya terinspirasi dengan Rakuten (www.rakuten.co.id) , sebuah startup populer di Jepang yang mengusung konsep mall online. Rakuten sukses menjadi mall online terbesar di Jepang dengan mempekerjakan lebih dari 4000 karyawan serta memiliki lebih dari 50 juta user yang teregistrasi. Konten lokal buatan Jepang tersebut ternyata dapat meraih sukses besar dan mampu bersaing dengan website lainnya seperti eBay atau Amazon.

Proses pemasaran produk di Tokopedia dapat dilakukan dengan memajang produk-produk Anda pada fitur Etalase. Dengan demikian kesempatan untuk memperoleh pelanggan-pelanggan baru menjadi semakin besar. Sebagai pihak penjual, anda juga akan diberikan fasilitas untuk menghitung ongkos kirim dan tracking order dengan mudah tanpa harus mengakses langsung ke website yang menyediakan jasa pengiriman paket. Hal ini dapat dilakukan karena Tokopedia sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan jasa delivery terbesar di Indonesia. Cukup masukkan informasi ukuran produk dan daerah tujuan pengiriman, maka Tokopedia segera membantu proses penghitungan ongkos kirim dengan cepat dan akurat. Proses transaksi pembayaran juga akan berlangsung aman melalui escrow account resmi milik Tokopedia. Tim Tokopedia akan mengirimkan jumlah pembayaran kepada penjual setelah mendapatkan konfirmasi penerimaan barang dari pihak pembeli. Panduan lebih lanjut mengenai proses tersebut  bisa anda lihat di website Tokopedia.

 

4.        KESIMPULAN

Dalam era teknologi seperti sekarang ini perkembangan teknologi telekomunikasi dan penyimpanan data yang menggunakan komputer memungkinkan pengiriman data jarak jauh  merupakan salah satu metode cepat dan relatif murah. Namun pengiriman data jarak jauh seperti ini yang bisa menggunakan sarana internet ataupun berupa gelombang radio dan media lain, tidak menjamin keamanan pada data tersebut. Akan sangat memungkinkan adanya pihak lain yang dapat menyadap dan mengubah data yang dikirim. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode penyandian pesan yang disebut sebagai ilmu kriptografi yang menggunakan transformasi data sehingga data yang dihasilkan tidak dapat dimengerti oleh pihak ketiga. Kecepatan dan keakuratan informasi yang dulu memerlukan waktu yang lama kini dalam hitungan detik informasi tersebut sudah dapat diterima dan sudah kewajiban perusahaan untuk menyediakan informasi tersebut agar cepat dan mudah diterima konsmuen.

Hal ini yang menyebabkan tuntutan pelayanan internet agar bisa melebihi promosi dari apa yang bisa diperoleh di dunia nyata untuk menjual barangbarang komoditi secara online. Selain itu, harga barangbarang yang dijual melalui E-Commerce biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen barang ke pihak konsumen lebih singkat dibandingkan dengan cara belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap, sehingga walaupun proses pembelian dilakukan secara online, akan tetapibanyak informasi penting didapatkan untuk produk yang akan dibeli.

 

5.       REFERENSI

https://redcomm.co.id/knowledges/meningkatkan-keamanan-website

https://media.neliti.com/media/publications/236217-perancangan-keamanan-sistem-menggunakan-1cbe29c4.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/225752-analisis-celah-keamanan-website-instansi-8f07d7a8.pdf

https://eprints.uny.ac.id/30226/1/Mokhamad%20Miftakhurrohman%2007520241029.pdf

http://eprints.undip.ac.id/59104/3/BAB_II.pdf

https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/

.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APPRILIA AGUSTI_50420026_2IA19_RANGKUMAN WEB CRAWLING_PWS PERT9

Rangkuman Regulasi Pengadaan Barang dan Jasa_APPRILIA AGUSTI_50420206_2IA19_BISNIS INFORMATIKA