Makalah Pert8PWS_APPRILIA AGUSTI_2IA19_50420206
ANALISIS
DAN DESAIN WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PENJUALAN ELEKTRONIK
APPRILIA AGUSTI
Jurusan Tekhnik
Informatika Universitas Gunadarma
Jl. KH. Noer Ali,
RT.005/RW.006A, Jakasampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17145
Abstarct
The
research was motivated by increased number of businesses and services that
entering e-commerce system as online media sales.With e-commerce, company
information that can be quickly loaded and delivered to the consumer, and reach
more marketing. This studyadoptsan open source application media creation
prestashope - commerce website for full features and many modules area vailable
for free. Type of research is descriptive qualitative research method with
analytical method used is the data analysis spiral who proposed by cresswell.
Processes of analytical spiral method is data managing, reading and memoing,
describing classifying and interpreting, dan representing adn visualizing. The
results of the data analysis spiral is a new system and then continued the
process of bulding an e-commerce website, e-commerce website design, input data
to e-commerce website and the last show was the result of the process is done.
Keyword
:
E-Commerce, Website, Online Marketing
1.
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang Masalah
Dalam era teknologi seperti sekarang ini perkembangan teknologi telekomunikasi dan penyimpanan data yang menggunakan komputer memungkinkan pengiriman data jarak jauh merupakan salah satu metode cepat dan relatif murah. Namun pengiriman data jarak jauh seperti ini yang bisa menggunakan sarana internet ataupun berupa gelombang radio dan media lain, tidak menjamin keamanan pada data tersebut. Akan sangat memungkinkan adanya pihak lain yang dapat menyadap dan mengubah data yang dikirim. Sehingga data yang diterima akan merubah atau bahkan akan hilang, tidak diterima oleh sipenerima.
Memasuki era teknologi informasi sekarang
ini, berbagai ilmuan dalam bidang ilmu teknologi telah mengembangkan berbagai
cara dalam mengatasi permasalahan sistem keamanan suatu dalam suatu data.
Mereka mengembangkan berbagai cara untuk menangkal serangan – serangan yang
bisa mengancam keamanan data. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi
permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode penyandian pesan yang disebut
sebagai ilmu kriptografi yang menggunakan transformasi data sehingga data yang
dihasilkan tidak dapat dimengerti oleh pihak ketiga.
Transformasi ini memberikan solusi pada
dua masalah keamanan data, yaitu masalah privasi (privacy) dan keautentikan
(authentication). Privasi mengandung arti bahwa data yang dikirim hanya dapat
dimengerti oleh penerima yang sah. Sedangkan keautentikan mencegah pihak ketiga
untuk mengirimkan data yang salah atau mengubah data yang dikirimkan. Sehingga
pengiriman data akan menjadi lebih secure terhadap serangan dari
pihak ketiga yang tidak berhak merubah semua informasi pada data – data tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai
berikut :
1. E- commerce apa saja yang akan dibahas?
2. Bagaimana
mekanisme e-commerce?
3. Apa
saja langkah – langkah dalam menganalisis data?
4. Apa
saja data analisis spiral?
1.3 Tujuan Penelitian
1. Menambah wawasan mahasiswa dan masyarakat
mengenai proses pembuatan website
2. Menambah wawasan mengenai mekanisme pada suatu
web e-commerce
2. LANDASAN TEORI
2.1 Website
Website adalah kumpulan halaman yang berisi
informasi tertentu dan dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, kapanpun, dan
di manapun melalui internet. Website pertama di dunia dibuat oleh Tim
Berners-Lee pada akhir 1980-an dalam project World Wide Web (W3). Kemajuan
teknologi informasi, mendorong banyak manusia untuk menciptakan inovasi -
inovasi baru untuk membantu manusia dalam mendapatkan informasi. Kecepatan dan
keakuratan informasi yang dulu memerlukan waktu yang lama kini dalam hitungan
detik informasi tersebut sudah dapat diterima dan sudah kewajiban perusahaan
untuk menyediakan informasi tersebut agar cepat dan mudah diterima konsmuen.
Banyak cara sebuah perusahaan untuk melakukan promosi, antara lain dengan
memasang iklan melalui media cetak ataupun media elektronik, menyebarkan brosur,
memasang spanduk, dan lain sebagainya. Setrategi pemasaran seperti itu
membutuhkan biaya yang sangat besar dan terlihat monoton serta kurang menarik.
Kesulitan lain juga terjadi dimana perusahaan kesulitan dalam menemukan pembeli
yang tepat. Begitu juga dengan pihak konsumen kesulitan dalam mencari
produkproduk yang dibutuhkan. Hal ini yang menyebabkan tuntutan pelayanan
internet agar bisa melebihi promosi dari apa yang bisa diperoleh di dunia nyata
untuk menjual barangbarang komoditi secara online. Penjualan barang secara
online atau bisa disebut e-marketing. EComerce itu sendiri adalah penyebaran,
pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik
seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya
(wikipedia). Penggunaan sistem E-Commerce menguntungkan banyak pihak, baik
pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual. Bagi pihak konsumen,
menggunakan ECommerce dapat membuat waktu berbelanja menjadi lebih singkat.
Selain itu, harga barangbarang yang dijual melalui E-Commerce biasanya lebih
murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi dari produsen
barang ke pihak konsumen lebih singkat dibandingkan dengan cara belanja yang
konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah tersedia
hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap, sehingga
walaupun proses pembelian dilakukan secara online, akan tetapibanyak informasi
penting didapatkan untuk produk yang akan dibeli. Prestashop adalah salah satu
aplikasi gratis open source yang menjadi media membuat website ecomorce, dan
masih ada aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuat website ecommerce
seperti osCommerce, OpenCart, dan lain lain.
2.2 Jenis – Jenis Website
1.
Website
Pribadi
Website
pribadi adalah jenis website yang dimiliki oleh individu, yang biasanya
digunakan untuk tujuan profesionalitas atau menyampaikan opini pribadi.
Misalnya, Anda dapat menunjukkan berbagai
karya atau pengetahuan Anda melalui sebuah website portofolio.
2.
Website
Toko Online/E-commerce
Jenis
website ini digunakan sebagai toko di ranah online. Penggunaan website toko
online sangat populer karena dinilai dapat menjalankan bisnis secara efektif,
terutama dengan pangsa pasar online yang jauh lebih luas. Website toko online
memiliki halaman dan menu yang menunjukkan aktivitas bisnis dari sebuah tempat
berbelanja. Diantaranya ada fitur keranjang belanja, checkout, katalog serta
halaman produk, dan lainnya. Website toko online juga bisa Anda desain dengan
layout sesuai kebutuhan menggunakan warna khas bisnis, logo, dan
sebagainya.
3.
Website
Company Profile
Website
company profile adalah jenis website yang digunakan untuk menunjukkan
eksistensi perusahaan. Jadi, ketika ada yang ingin mencari informasi tentang
perusahaan tersebut melalui internet, website inilah yang menjadi sumber
utamanya. Tak hanya itu, website company profile juga penting untuk
meningkatkan kredibilitas bisnis. Website ini akan menampilkan profil dan
berbagai informasi seputar perusahaan.
Contohnya, website company profile
milik Unilever yang berisi profil, jajaran
pimpinan perusahaan, berita, karir, hingga informasi investor. Di dalam website
company profile, sebuah perusahaan juga bisa menunjukkan campaign yang sedang
dijalankan. Contohnya, Unilever yang mengangkat isu lingkungan dan kepedulian
terhadap sustainability.
4.
Website
Gallery
Seperti
namanya, website gallery adalah jenis website yang menampilkan konten visual
seperti foto dan video.
Biasanya, website gallery menyediakan stok
foto dalam jumlah dan dengan kualitas tinggi. Foto tersebut bisa Anda dapatkan
baik secara gratis maupun dengan membeli lisensi dan dapat digunakan sebagai
pendukung konten, visualisasi iklan, dan lainnya.
5.
Website
Komunitas
Website
komunitas atau website forum adalah jenis website yang dapat menjadi wadah
berkomunikasi bagi para penggunanya. Website ini biasanya memiliki
fasilitas seperti, pengguna dapat membuat thread atau konten dalam
berbagai topik, lalu orang lain mengajukan pertanyaan, berkomentar, dan
sebagainya.
6.
Website
Berita
Website
berita adalah jenis website yang bertujuan menyebarkan berita terupdate.
Website jenis ini semakin populer karena saat ini ranah berita offline sudah
mulai ditinggalkan. Selayaknya koran, website portal berita berisi
informasi terkini dalam berbagai topik, seperti politik, kesehatan, lingkungan,
bahkan wawancara dengan tokoh tertentu.
Contohnya yaitu The New York Times, yang mempublikasikan berbagai macam berita setiap
harinya.
7.
Blog
Terakhir,
terdapat jenis website yang dapat memuat banyak konten artikel yang disebut
blog. Blog biasanya membahas niche atau topik tertentu, seperti keuangan,
teknologi, kecantikan, kuliner, dan lainnya.
Contohnya, blog naked-traveler yang rutin membahas seputar travel dalam bentuk
artikel.
1.3
Unsur – Unsur Website
1. Domain
Domain adalah
alamat sebuah website. Awalnya, untuk mengunjungi suatu website Anda perlu
mengetahui alamat IP yang ditandai deretan angka. Karena alamat IP sangat
sulit diingat, maka terciptalah sistem “penamaan” alamat website. Misalnya,
niagahoster.co.id, youtube.com, google.com, dan lain sebagainya.
2. Hosting
Hosting
atau web hosting adalah server tempat di
mana semua file website Anda disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui
internet. Hosting bisa diibaratkan sebuah rumah dan website adalah seluruh
isi rumah tersebut, mulai dari gambar, video, teks, dan lainnya.
3. Konten
Semua informasi itu disediakan dalam
bentuk konten website. Dengan adanya konten, pengunjung dapat mengetahui
informasi yang ada di sebuah website baik dalam bentuk gambar, video, bahkan
teks.
Sebagai
contoh, website Niagahoster ditujukan sebagai pusat informasi bisnis online dan
tempat konsumen bisa membeli produk. Maka, konten yang ditampilkan adalah
penjelasan berbagai produk di beberapa landing page, informasi penggunaan produk dan
topik seputar produk dalam bentuk blog, hingga halaman kursus yang memberikan
value lebih kepada konsumen.
4. Bahasa
Pemrograman (Kode)
Tim
Berners-Lee awalnya mengembangkan website dengan bahasa pemrograman HTML.
Seiring berkembangnya dunia coding, terciptalah beberapa bahasa pemrograman
seperti CSS untuk mengatur tampilan elemen website, JavaScript agar
website lebih dinamis serta interaktif, dan lainnya.
Ketiga
bahasa pemrograman tersebut, mulai membuat banyak website menarik bermunculan
dan melahirkan banyak programmer hebat yang mampu membuat website dengan baik. Namun,
teknologi website terus berkembang sehingga orang yang tidak memiliki keahlian
bahasa pemrograman bisa membuat website dengan CMS (Content Management System), software untuk
mengatur konten website.
5. Tampilan
Informasi
di dalam sebuah website itu penting, tapi tampilan yang baik juga diinginkan
oleh pengunjung. Bahkan, 48% pengguna
internet menyebutkan bahwa desain website adalah faktor dalam
menentukan kredibilitasnya, apalagi untuk website bisnis. Tampilan website
bukan hanya sekedar menarik, tetapi juga harus user friendly. Artinya, menarik
berkat kombinasi warna yang pas dengan struktur yang rapi sehingga memudahkan
akses pengguna di semua perangkat.
1.4
Manfaat Website
1. Menjadi
Media untuk Berbagi Wawasan
Jika Anda memiliki hobi, pengetahuan, dan
pengalaman di bidang tertentu, Anda bisa menjadikannya sebagai niche blog Anda. Sebagai contoh, kuliner, desain,
teknologi, travel, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa berbagi informasi
dengan banyak orang dan sekaligus berkomunikasi dengan orang dengan minat sama
untuk berbagi pengalaman.
2. Menjadi
Sumber Penghasilan
Bukan hanya untuk menyampaikan opini
pribadi, website juga bisa menjadi sumber penghasilan. Caranya pun cukup
banyak, melalui media blog Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense, melakukan posting yang berbayar
sebagai blogger ataupun mempromosikan produk tertentu sebagai
seorang influencer
3. Menjadi
Platform Bisnis
Jika Anda memiliki bisnis, maka website
dapat menjadi representasi Anda di dunia online. Sebagai contoh, meskipun
sudah memiliki toko offline, Anda bisa membuka toko online untuk memudahkan
calon konsumen membeli produk Anda kapan saja dan di mana saja. Bukan
hanya sebagai rujukan informasi paling update tentang produk bagi konsumen,
website tersebut bisa menjadi tempat paling ideal untuk melakukan berbagai
promosi menarik.
4.
Membangun Branding
Website juga dapat digunakan
membangun branding bisnis. Hal itu karena website dapat Anda
kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis yang menjelaskan identitas online Anda.
Misalnya, Anda bisa mencantumkan logo, brand
identity, dan sebagainya. Tak hanya bagi bisnis, website juga dapat
digunakan untuk membangun personal branding. Website tersebut dapat Anda isi
dengan berbagai karya ataupun artikel seputar skill yang Anda kuasai. Ibaratnya,
website tersebut bisa untuk membangun portofolio pribadi. Hal itu sangat
berguna untuk mencari pekerjaan ataupun project tertentu.
5.
Meningkatkan Kredibilitas Bisnis
Dengan memiliki website resmi, konsumen
akan tahu bahwa bisnis Anda benar-benar ada. Konsumen tahu kemana harus mencari
informasi seputar produk, menghubungi customer service, dan sebagainya. Dengan
begitu, kredibilitas bisnis dapat terjaga.
6.
Sarana Mengembangkan Bisnis
Ada banyak potensi yang bisa Anda lakukan
untuk mengembangkan bisnis melalui penggunaan website. Misalnya, upaya digital
marketing, SEM atau strategi iklan berbayar di mesin pencarian,
SEO atau optimasi agar berada di halaman teratas pencarian Google, dan lainnya.
7.
Menjadi Sumber Informasi
Berdasarkan penelitian Hootsuite,
202,6 juta orang di Indonesia mencari informasi di internet atau setara dengan
73,7% dari total populasi. Itu artinya, website dapat menjadi sumber informasi,
baik website berita, website komunitas, blog, dan yang lainnya.
8.
Mengakses Layanan Publik
Website dapat dimiliki oleh siapapun,
termasuk instansi yang memberikan pelayanan umum, seperti rumah sakit, bank,
kantor polisi, kantor pajak, dan sebagainya. Dengan begitu, masyarakat dapat
mengakses layanan dengan lebih mudah dan cepat.
9.
Menggalang Aksi Sosial
Tidak sedikit website yang ditujukan untuk
menyelenggarakan aksi sosial sebagai jenis website komunitas atau
semacamnya. Salah satu contohnya, KitaBisa.com merupakan website tempat masyarakat dapat
berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk bisa membantu orang yang
membutuhkan.
1.5
E – Marketing
e-Marketing, also
often referred to as online marketing, assumes that the classical rules of
marketing hold. In addition, market potentials are developed and existing
business relations are strengthened with eMarketing by using the Internet as a
communication channel. The wellknown AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)
formula or modified forms of it are still valid: attention must be attracted to
a web site, interest aroused, desire created, and sales actions triggered. The
goals of marketing are not new, but the ways and means of achieving them are. E-Marketing bisa disebut sebagai metode
penjualan melalui internet, sedangkan ecommerce bisa disebut toko atau lapak
untuk jualan di internet, dan ditoko tersebut terjadi proses penjualan,
manajemen produk.
1.6
Definisi E-Commerce
E-Commerce
sebagai pembelian dan penjualan barang dan layanan dengan menggunakan internet.
Perdagangan elektronik atau ecommerce: Electronic commerce, terdiri dari
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem
elektronik seperti internet atau televisi, world wide web (www), atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, sistem
pengumpulan data otomatis Sedangkan menurut Purbo dan Wahyudi (2000:2) yang
mengutip pendapat David Baum PHQ\HEXWNDQ ³e-commerce merupakan satu set dinamis
teknologi, aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen,
dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang,
pelayanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik. Berdasarkan
pengertian mengenai definisi ecommerce tersebut, maka e-commerce adalah
aplikasi berbasis web untuk melakukan proses penyamapain informasi dan penjualan
melalui internet.
1.6.1
E
– Commerce Shoppe
Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual
beli secara online dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone. Shopee hadir dalam bentuk aplikasi yang
memudahkan penggunanya dalam melakukan kegiatan berbelanja secara online tanpa
harus ribet menggunakan perangkat komputer. Untuk menunjang aplikasi, Shopee telah menawarkan
berbagai kategori produk seperti fashion dan perlengkapan rumah tangga. Ada 26
kategori yang tersedia di Shopee, yaitu :
1.
Pakaian Pria
2.
Pakaian Wanita
3.
Handphone &
Aksesories
4.
Kecantikan
5.
Komputer &
Aksesories
6.
Perlengkapan Rumah
Tangga
7.
Fashion Bayi &
Anak
8.
Sepatu Pria dan
Wanita
9.
Tas Pria dan Wanita
10.
Jam Tangan
11.
Fashion Muslim
12.
Elektronik
13.
Aksesories Fashion seperti kacamata
14.Kesehatan
15.
Hobi & Koleksi
16.
Fotografi
17.
Makanan & Minuman
18. Olahraga & Outdoor
19.
Otomotif
20.Voucher
21.Buku
& Alat Tulis
22.Serba
Serbi
23.Souvenir
& Pesta
Beberapa keunggulan Shopee :
1.
Menjual barang
dengan cukup cepat dan dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 detik.
2.
Memudahkan si
penjual dalam memasarkan barang dagangannya dengan fitur foto. Sehingga bisa
mengunggah foto barang hingga Sembilan foto. Hal ini dimaksudkan pembeli bisa
menilik lebih jeli tentang barang yang akan ia beli.
3.
Ada fitur
pemberitahuan tentang sistem pembayaran sampai dengan penyelesaian transaksi.
Sehingga memudahkan penjual dalam mengecek transaksi jual beli online.
4.
Memberi kemudahan
dalam memilih produk seperti memilih varian motif, warna hingga ukuran. Jadi
jangan khawatir apabila tidak sesuai.
5.
Memiliki layanan
gratis ongkis atau ongkos kirim.
6.
Memiliki layanan
terbaru yang bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik PLN.
7.
Memiliki tampilan
yang dikemas menarik dan dapat digunakan dengan mudah walaupun oleh pengguna
yang baru.
8.
Menghadirkan
fitur Live Chat yang memudahkan pembeli agar bisa langsung
berbicara dengan si penjual untuk bisa bertransaksi atau bernegosiasi. Fitur
ini sangat memudahkan pengguna shopee karena mengingat pada situs e-commerce
atau aplikasi yang lain yang harus menyimpan nomor telepon terlebih dahulu
ketiks ingin bertransaksi.
9.
Memiliki fitur tawar
menawar yang memungkinkan si pembeli untuk menawar harga.
10.Memiliki
fitur berbagi yang lengkap agar dengan mudah menyebarkan info ke berbagai situs
media sosial atau aplikasi messenger, seperti
Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Whatsapp.
11.Shopee
mengintegrasikan fitur media sosial yang mencakup fungsi hashtag, agar
mempermudah pengguna dalam mencari barang atau produk yang sedang popular atau
untuk mengikuti tren produk terbaru secara mudah.
1.6.2 E-Commerce Lazada
Lazada adalah
pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari
elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk
kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olahraga.
Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 pada bulan Januari oleh perusahaan
asal Jerman yaitu Rocket Internet. Rocket Internet merupakan perusahaan
inkubator yang sukses mnciptakan perusahaan-perusahaan online inovatif di
berbagai belahan dunia. Selain Rocket Internet, keberadaan Lazada juga
diprakarsai oleh perusahanperusahaan lain yang turut berinvestasi pada Lazada.
Setelah JP Morgan, beberapa rekanan lain ikut mempercayakan investasi pada
lazada dan perusahaan induknya, Rocket Internett Pada November 2012, Kinnevik,
perusahaan investasi dari Swedia menanamkan investasi hingga USD 40 juta.
Sebulan kemudian, pada Desember 2012, Summit Partner, salah satu perusahaan
modal terbesar di dunia berinvestasi 54 sebesar USD 26 juta. Dan pada bulan
Januari 2013, Tengelmann, group retail strategis dari jerman menanamkan
investasi yang dikabarkan mencapai USD 20 juta. Grub Lazada Internasional di
Asia Tenggara terdiri dari Lazada Indonesia, Lazada Malaysia, Lazada Vietnam,
Lazada Thailand, dan Lazada Filipina. Lazada mengklaim bahwa Lazada adalah
sebuah toko online Indonesia yang memang patut diakui kredibilitasnya karena
pelayanannya dak kualitas website yang sangat baik dengan kelebihan-kelebihan
seperti : 1. Sistem kerja yang professional karena dilakukan evaluasi terhadap keluhan-keluhan
konsumen setiap minggunya. 2. Metode pembayaran yang aman dan sudah
memberlakukan COD (Cash On Delivery) 3. Menambah income dengan program
affiliate yaitu dimana masyarakat bias mendapatkan komisi dari
penjualan-penjualan yang ditawarkan Lazada melalui blog atau website. 4.
Keamanan yang bias dipertanggungjawabkan karena Lazada adalah sebuah perusahaan
resmi yang berbentuk PT ( Perseroan Terbatas). 5. Website Lazada dari segi SEO
( Search engine Optimization) sangat baik yang mempunyai fungsi untuk
mengoptimalkan kinerja search engine ataupun website agar berkualitas dari segi
search engine dan visitor atau konsumen. Pada tanggal 12 Desember 2012 atau
tertulis 12, 12, 12, Lazada melakukan gebrakan besar dengan membuat event
diskon besar-besaran yang tentu saja 55 disambut positif oleh masyarakat dengan
tingginya angka pernjualan setelah adanya kampanye ini. Lazada menyadari
pentingnya sebuah user interface yang memfasilitasi segala kebutuhan konsumen
sehingga member banyak kemudahan dalam berbelanja. Oleh karena itu pada 31
Desember 2012 lazada meluncurkan website dengan interface baru yang lebih
bersahabat dan mudah digunakan oleh setiap pengunjung lazada.co.id. beberapa
diantaranya adalah memperbanyak kategori produk sebanyak 13 buah dengan jumlah
25.000 produk yang dijual online. Pada Februari 2013 lazada Indonesia
meluncurkan iklan TVC Lazada.co.id yang perdana di televisi nasional. Jumlah
pelanggan yang puas terus meningkat. Hal ini tercermin pada Maret 2013 lazada
menjadi top 40 website di Indonesia. Lazada sebagai perusahaan yang bergerak
dibidang ritel e-commerce di Indonesia berharap dapat memberikan kemudahan bagi
masyarakat dalam membeli berbagai jenis produk dengan cukup mengakses situs
ataupun aplikasi dari Lazada. Ditunjang dengan fasilitas multiple payment
termasuk cash on delivery (COD) yang memberikan kemudahan bagi konsumen. Selain
memberikan kemudahan transaksi ,lazada Indonesia juga memberikan berbagai
promo-promo serta diskon dengan potongan harga murah dan penawaran-penawaran
yang pastinya menarik untuk para pembeli. Untuk informasi mngenai segala produk
dapat diakses di website Lazada Indonesia yaitu Lazada.co.id. Semenjak lima
tahun beroperasi semenjak Maret 2012 lalu, Lazada telah berhasil mencatatkan
beberapa pencapaian yang luar biasa. Pada bulan September 56 2014 lalu Lazada
Indonesia berhasil melakukan penjualan secara eksklusif smartphone Xiaomi Redmi
1S yang habis terjual dalam waktu 7 menit. Di bulan tersebut juga, Lazada telah
meraih penghargaan sebagai situs e-commerce terpopuler di Indonesia berdasarkan
hasil riset oleh perusahaan Nusa Research. Pada bulan desember 2014 Lazada
berhasil mengadakan event Online Revolution 12.12, yaitu event promo yang
diprakarsai oleh Lazada Indonesia yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan
e-commerce tanah air, dari event ini dapat diketahui bahwa Lazada berhasil
mencatatkan 10 juta kunjungan pada situs dan aplikasi lazada dalam kurun waktu
24 jam. Dan sampai akhir Desember 2014 tercatat total nilai barang yang terjual
(GMV atau Gross Merchandising Volume) di Lazada adalah $384 juta dan mengalami
peningkatan 300% disbanding tahun 2013.
1.6.3 E-Commerce Tokopedia
Tokopedia (www.tokopedia.com) hadir sebagai e-commerce
baru yang inovatif dan mengusung konsep kumpulan berbagai toko online di
Indonesia. Segala aktivitas jual beli dan proses transaksi akan dijamin
keamanannya melalui perantaraan Tokopedia. Konsep ini diharapkan dapat
mewujudkan suatu bentuk mall online yang memprakarsai dan mengkoordinasi
sejumlah transaksi e-commerce. Perjalanan Tokopedia dalam merintis startup
hingga sukses seperti sekarang ini bukanlah suatu hal yang terbilang mudah.
Awalnya dua orang anak muda bernama Leontinus Alpha Edison dan Wiliam
Tanuwijaya terinspirasi dengan Rakuten (www.rakuten.co.id) , sebuah startup
populer di Jepang yang mengusung konsep mall online. Rakuten sukses menjadi
mall online terbesar di Jepang dengan mempekerjakan lebih dari 4000 karyawan
serta memiliki lebih dari 50 juta user yang teregistrasi. Konten lokal buatan
Jepang tersebut ternyata dapat meraih sukses besar dan mampu bersaing dengan
website lainnya seperti eBay atau Amazon.
Proses pemasaran produk di Tokopedia
dapat dilakukan dengan memajang produk-produk Anda pada fitur Etalase. Dengan
demikian kesempatan untuk memperoleh pelanggan-pelanggan baru menjadi semakin
besar. Sebagai pihak penjual, anda juga akan diberikan fasilitas untuk
menghitung ongkos kirim dan tracking order dengan mudah tanpa harus mengakses
langsung ke website yang menyediakan jasa pengiriman paket. Hal ini dapat
dilakukan karena Tokopedia sudah bekerja sama dengan beberapa perusahaan jasa
delivery terbesar di Indonesia. Cukup masukkan informasi ukuran produk dan
daerah tujuan pengiriman, maka Tokopedia segera membantu proses penghitungan
ongkos kirim dengan cepat dan akurat. Proses transaksi pembayaran juga akan
berlangsung aman melalui escrow account resmi milik Tokopedia. Tim Tokopedia
akan mengirimkan jumlah pembayaran kepada penjual setelah mendapatkan
konfirmasi penerimaan barang dari pihak pembeli. Panduan lebih lanjut mengenai
proses tersebut bisa anda lihat di website Tokopedia.
4. KESIMPULAN
Dalam era teknologi seperti sekarang ini perkembangan teknologi telekomunikasi dan penyimpanan data yang menggunakan komputer memungkinkan pengiriman data jarak jauh merupakan salah satu metode cepat dan relatif murah. Namun pengiriman data jarak jauh seperti ini yang bisa menggunakan sarana internet ataupun berupa gelombang radio dan media lain, tidak menjamin keamanan pada data tersebut. Akan sangat memungkinkan adanya pihak lain yang dapat menyadap dan mengubah data yang dikirim. Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode penyandian pesan yang disebut sebagai ilmu kriptografi yang menggunakan transformasi data sehingga data yang dihasilkan tidak dapat dimengerti oleh pihak ketiga. Kecepatan dan keakuratan informasi yang dulu memerlukan waktu yang lama kini dalam hitungan detik informasi tersebut sudah dapat diterima dan sudah kewajiban perusahaan untuk menyediakan informasi tersebut agar cepat dan mudah diterima konsmuen.
Hal
ini yang menyebabkan tuntutan pelayanan internet agar bisa melebihi promosi
dari apa yang bisa diperoleh di dunia nyata untuk menjual barangbarang komoditi
secara online. Selain itu, harga barangbarang yang dijual melalui E-Commerce
biasanya lebih murah dibandingkan dengan harga di toko, karena jalur distribusi
dari produsen barang ke pihak konsumen lebih singkat dibandingkan dengan cara
belanja yang konvensional. Selain bisa menjadi lebih cepat, di internet telah
tersedia hampir semua macam barang yang biasanya dijual secara lengkap,
sehingga walaupun proses pembelian dilakukan secara online, akan tetapibanyak
informasi penting didapatkan untuk produk yang akan dibeli.
5. REFERENSI
https://redcomm.co.id/knowledges/meningkatkan-keamanan-website
https://eprints.uny.ac.id/30226/1/Mokhamad%20Miftakhurrohman%2007520241029.pdf
http://eprints.undip.ac.id/59104/3/BAB_II.pdf
https://www.nesabamedia.com/apa-itu-shopee/
.
Komentar
Posting Komentar