APPRILIA AGUSTI_50420206_1IA19_TUUGAS 8 BAB STRATIFIKASI DAN DIFERENSIASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL
APPRILIA AGUSTI
50420206
1IA19
TUGAS 8 BAB STRATIFIKASI
DAN DIFERENSIASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL
v Opini
saya adalah :
1. 1. Institusi
Pendidikan berkembang layaknya sebuah perusahaan yang hanya memikirkan dari
segi material.
2. 2. Pemerintah Pendidikan hanya
mementingkan atau mendahulukan Pendidikan bagi orang yang berkelas dari segi
materi.
3. 3. Intitusi Pendidikan menccari
laba keuntungan dari sekolah yang berkelas yang tergolong dari anak- anak yang
berkelasa atau mempunyai ekonomi yang baik dalam keluarganya.
4. 4. Perbedaan kasta yang
menyebabkan akan prestasi yang dimiliki dari anak bangsa berbeda-beda karena
dari sifat pengajarannya yang tentu berbeda, bahkan ada yang belajar secara otodidak
untuk mengwujudkan cita-cita mereka.
5. 5. Minimnya
sekolah negeri yang berbanding jauh dengan penduduk yang ada di Indonesia, sehingga untuk melanjutkan Pendidikan dengan memilih sekolah swasta yang jelas jauh dalam
segi materi.
6. 6. Membedakan kulaitas Pendidikan antara yang mempuyai modal dengan yang tidak, semestinya Pendidikan yang bermutu tidak selalu harus dengan biaya yang mahal.
7. 7. Masyarakat kelas bawah telah menjadi orang nomor dua dalam semua segmen kehidupan berbangsa mereka hari ini. Hampir di segala bidang, mulai dari akses layanan kesehatan, makanan, hingga akses pendidikan yang seharusnya bisa menjadi harapan utama masyarakat kelas ini untuk bergerak ke atas.
8. 8. Kehidupan akan terlihat sulit muncul dengan adanya kehidupan sosial buatan yang membedakan kasta anak yang mempunyai orang tua ekonomi yang baik dan yang rendah
9. 9. Bagaimana
dengan anak bangsa yang keluarganya mempunyai ekonomi yang minim? Jika kualitas Pendidikan dibeda-
beda kan dan bagaimana anak bangsa mempunyai kompeten bahkan bakat yang mereka
punya jika dikembangkan dengan baik.
v Solusi
yang dapat meminimalisir masalah tersebut:
1. 1. Membangun sekolah negeri
atau sekolah gratis bagi anak-anak yang mempunyai ekonomi keluarga yang minim.
2. 2. Pemerintah bersifat adil
memberikan kualitas Pendidikan untuk anak bangsa agar memberi potensi atau prestasi
yang baik untuk membanggakan negara kita.
3. 3. Memberikan modal kepada
anak-anak yang ingin mengembangkan bakat mereka agar menjadikan sebuah prestasi
untuk sebagai contoh anak-anak yang lain
dan memberikan motivasi kepada anak- anak lain untuk berlomba-lomba mengwujudkan
bakat dan prestasi yang mereka miliki.
4. 4. Dibutuhkan sebuah pendekatan
multi sector bagi pengembangan kapasitas serta upaya pengembangan kapasitas
perlu disesuaikan dengan situasi lokal
5. 5. Mendukung semangat belajar
anak-anak yang ingin beljar dengan tulus dan meraih cita-cita sebaik mungkin
dengan membantu dalam segi materi.
REFERENSI
https://aceh.tribunnews.com/2018/10/01/kasta-dalam-pendidikan-kita
Komentar
Posting Komentar