APPRILIA AGUSTI_50420206_TUGAS2_PERKEMBANGAN PERUSAHAAN BISNIS INFORMATIKA INTERNASIONAL DAN NASIONAL_2IA19

 

PERKEMBANGAN PERUSAHAAN BISNIS INFORMATIKA INTERNASIONAL DAN NASIONAL



Disusun Oleh :

APPRILIA AGUSTI

50420206

2IA19

 

 

Pengertian Gojek

Gojek (ditulis bergaya sebagai goȷek, sebelumnya ditulis GO-JEK) merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini, Gojek telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Hingga bulan Juni 2016, aplikasi Gojek sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android, dan telah tersedia di App Store. Gojek juga mempunyai layanan pembayaran digital yang bernama Gopay. Selain di Indonesia, layanan Gojek kini telah tersedia di ThailandVietnam dan Singapura. 

Sejarah  Gojek

Sejarah Gojek Indonesia mulai beroperasi di Indonesia (khususnya DKI Jakarta) pada tahun 2010. Pada waktu itu kemunculan Gojek memunculkan berbagai reaksi, baik yang pro maupun kontra. Tetapi kemudian masyarakat mulai merasa terbantu dengan kehadiran Gojek untuk menembus kemacetan kota Jakarta. Antusiasme dan kepercayaan masyarakat sampai sekarang terbukti dengan 50 juta kali unduhan, baik di Google App Store maupun Apple App Store. Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim, warga negara Indonesia lulusan Master of Business Administration dari Harvard Business School. Ide mendirikan Gojek muncul dari pengalaman pribadi Nadiem Makarim menggunakan transportasi ojek hampir setiap hari ke tempat kerjanya untuk menembus kemacetan di Jakarta. Saat itu, Nadiem masih bekerja sebagai Co-Founder dan Managing Director Zalora Indonesia dan Chief Innovation Officer Kartuku.

Sebagai seseorang yang sering menggunakan transportasi ojek, Nadiem melihat ternyata sebagian besar waktu yang dihabiskan oleh pengemudi ojek hanyalah sekadar mangkal menunggu penumpang. Padahal, pengemudi ojek akan mendapatkan penghasilan lebih banyak bila terus mencari penumpang. Selain itu, ia melihat ketersediaan jenis transportasi ini tidak sebanyak transportasi lainnya sehingga sering kali cukup sulit untuk dicari. Ia menginginkan ojek yang bisa ada setiap saat dibutuhkan. Dari pengalamannya tersebut, Nadiem Makarim melihat adanya peluang untuk membuat sebuah layanan yang dapat menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Pada tanggal 13 Oktober 2010, Gojek resmi berdiri dengan 20 orang pengemudi. Pada saat itu, Gojek masih mengandalkan call center untuk menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Pada pertengahan 2014, berkat popularitas Uber kala itu, Nadiem Makarim mulai mendapatkan tawaran investasi. Pada tanggal 7 Januari 2015, Gojek akhirnya meluncurkan aplikasi berbasis Android dan iOS untuk menggantikan sistem pemesanan menggunakan call center.

Fitur – Fitur Gojek

Fitur yang terdapat pada 4 menu utama pada layanan Go-Jek App diantaranya :

1.     Input Data

Calon penumpang menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan kemudian Go-Jek akanmengkalkulasi pembayaran. Dan kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran ( cash atau memakai Credit Go-Jek).

2.     Driver On The Way

Setelah melakukan pemesanan, aplikasi akan merespon untuk mencari supir Go-Jek terdekatdengan lokasi calon penumpangnya. Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat GPSmengenai keberadaan supir Go-Jek yang akan menjemputnya bahkan terdapat berapa lamaestimasi yang dibutuhkan supir Go-Jek sampai dilokasi calon penumpang.

3.     SMS & Call

Ketika Supir Go-Jek belum sampai juga, calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS & Call yang telah disediakan oleh Go-Jek Apps.

4.     Driver Review

Untuk fitur ini penumpang dapat memberikan rating dan komentar mengeni pelayanan yangdilakukan oleh supir Go-Jek, karena dari rating inilah supir Go-Jek akan mendapatkan bonusbulanan.

5.     My Wallet

Fitur ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang cash.Untuk penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, Go-Jek memberikan kodevoucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat mentransfer uang melaluiBank yang sudah ditentukan

 

Omset Perusahaan Gojek

Perusahaan multiaplikasi Gojek mencatat transaksi sepanjang 2020 mencapai US$ 12 miliar atau Rp 170 triliun. Transaksi ini meningkat 10 persen ketimbang tahun lalu. “Tahun ini merupakan tahun yang penuh tantangan bagi kita semua dan kami bangga Gojek dapat tetap resilient, terus menjadi andalan masyarakat agar tetap produktif, serta di saat yang sama mampu memperkuat fundamental perusahaan,” ujar CEO Gojek Andre Sulistyo dalam keterangannya yang diterima pada Jumat, November 2020. Pencapaian ini didorong oleh transaksi pengguna aktif bulanan yang mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara. Transaksi juga diraup oleh oleh layanan pendamping seperti GTV dan pembayaran Gopay.

 

Keunggulan dan Kekurangan Pada Gojek

Keunggulan Gojek

1.     Tidak perlu takut jika tidak diterima , saat semua persyaratan yang diajukan lengkap maka tinggal nunggu panggilan saja ,pasti akan diterima.

2.     Tidak perlu membuang uang menulis lamaran dan CV diatas materai , cukup dengan meng-upload berkas saja.

3.     Tidak perlu interview panjang lebar seperti layaknya masuk ke perusahaan besar.hanya sebatas himbauan.

4.     Memiliki banyak teman diantaranya : penumpang ,dan teman gojek lainnya, 

5.     Menjadi ladang pahala, apabila penumpang selamat sampai tujuan.

6.     Jangkauan orderan luas, tidak terbatas. 

7.     Bisa dilakukan part time. Paruh waktu jika memiliki pekerjaan yang tetap.

8.     Bisa digunakan untuk menambah penghasilan.

9.     Mendapatkan pengalaman baru.

10.  Tidak perlu masuk kantor dan dimarahi bos

11.  Kalau rajin bisa dapat penghasilan lebih. Berbeda dengan kerja kantoran  biasanya (rajin gajinya segitu malas jugak segitu)


Kekurangan Gojek

1.     Harus menggunakan seragam lengkap.

2.     Setiap hari harus bisa sabar dan rendah hati jika penumpang memarahi driver.

3.     Akun gampang tersuspend

4.     Waktu kerja tidak tetap.

5.     Gaji berdasarkan jumlah orderan(tidak tetap).

6.     Sering Miss komunikasi dengan penumpang.

7.     Tetap bersikap lemah lembut .

8.     Harus tetap sabar dan rendah hati jika dibentak pelanggan.

9.     Orderan terbagi rata oleh banyak member gojek lainnya.

10.  Harus mengerti dan memainkan aplikasi.

11.  Hasil bisa diliat langsung dari aplikasi melalui rating.

 

Sejarah Perusahaan Telkom Indonesia



Telkom merupakan perusahan milik Badan Usaha Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang informasi dan komunikasi. Sejarah PT. Telkom Indonesia ini bermula pada pendirian badan usaha swasta penyedia layanan poss dan telegraf pada tahun 1882. Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan perushaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi). Tahun 1974 PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi perusahaan Umum Telekomunikasi (PERUMTEL). Beberapa kali diubah namanya, hingga kemudian pada tahun 1980 Indonesia mendirikan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional dan seluruh saham PT. Indonesian Satellite Coorporation Tbk. (Indosat) di ambil alih oleh pemerintah RI menjadi BUMN.

Pada tahun 1989, ditetapkan UU Nomor 3 Tahun 1989 tentang telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta 31 dalam penyelenggaraan telekomunikasi. Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP No 25 Tahun 1991. 1995 Penawaran Umum perdana saham TELKOM (Initial Public Offering) dilakukan pada tanggal 14 November 1995. Sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan (Public Offering Without Listing) di Tokyo Stock Exchange. Kerja sama Operasi (KSO) mulai diimplementasikan pada 1 Januari 1996 di wilayah Divisi Regional I Sumatra dengan mitra PT Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo), Divisi Regional III Jawa Barat dan Banten-dengan mitra PT Aria West International (AriaWest), Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta - dengan mitra PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (MGTI), Divisi Regional VI Kalimantan dengan mitra PT Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra), dan Divisi Regional VII Kawasan Timur Indonesia-dengan mitra PT Bukaka Singtel.

 Tahun 2001 Telkom membeli saham Telkomsel sebanyak 35% dari PT Indosat sebagai restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia. Pada tanggal 23 Oktober 2009, Telkom meluncurkan “New 32 Telkom” (“Telkom Baru”) yang ditandai dengan penggantian identitas perusahaan. Sejak 1 Juli 1995 PT. Telkom telah menghapus struktur wilayah usaha telekomunikasi (WTTEL) dan secara de facto meresmikan dimulainya era Divisi Network. Badan Usaha utama dikelola oleh 7 divisi regional dan 1 divisi network. Divisi regional menyelenggarakan jasa telekomunikasi di wilayah masing masing dan divisi network menyelenggarakan jasa telekomunikasi jarak jauh luar negeri melalui pengoperasian jaringan transmisi jalur utama nasional. Daerah regional.

 

Produk – Produk Telkom

1. Telepon, data, Internet

a.   IndiHome Fiber merupakan layanan Triple Play yang terdiri dari telepon rumah, Internet on Fiber atau High Speed Internet dan Usee TV Cable beserta beberapa fitur tambahan seperti IndiHome View, Melon dan Trend Micro Internet Security.

b.   Telepon rumah adalah layanan komunikasi telepon dengan keunggulan biaya yang murah dan kualitas suara yang jernih. Paket IndiHome Fiber menawarkan gratis menelepon 1000 34 menit atau setara dengan 17 jam per bulan yang bisa digunakan baik untuk Lokal maupun Interlokal secara leluasa.

c.   Flexi layanan data dan internet, layanan telepon

d.   TelkomNet Instan layanan akses internet dial up

e.   TelkomNet Astinet merupakan layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan

f.    e-Businnes (i-deal, i-manage, i-settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)

g.   Solusi Enterprise

h.   TELKOMLink DINAccess

i.    TELKOM Link VPN IP merupakan layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS.

j.    TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial) merupakan layanan akses dial up ke intranet suatu perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.

k.   TELKOMISDN merupakan jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi

l.    e-Health merupakan layanan solusi untuk entitas kesehatan meliputi ePuskesmas, ePharmacy, HIE (Health Information Exchange).

2. Satelit

a.     TELKOM Satelit (Sewa Transponder)

b.     TELKOMVSAT

3. Televisi berlangganan berbasis protokol internet

a.     Groovia TV merupakan televisi protokol internet pertama di Indonesia. Kualitas resolusi Groovia TV lebih bagus dibanding dengan hasil video dari TV konvensional.

b.     UseeTV merupakan layanan Interactive TV dari Indihome yang pertama di Indonesia. Layanan TV berbayar (Pay TV) yang memberikan pengalaman baru. UseeTV Cable juga memberikan berbagai macam fitur yang tidak ada di penyedia layanan kabel lainnya, seperti Pause & Rewind TV, Video on Demand, Video Recorder dan lainnya. UseeTV Cable memiliki beragam Channel pilihan. Saat ini, Channel yang ada sebanyak 101 Channel pilihan, terdiri dari 19 Channel TV Lokal dan 81 Channel TV Internasional. IndiHome Interactive TV, layanan TV Kabel yang seru dan lengkap.

 

Omset Perusahaan Telkom Indonesia



Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengantongi laba bersih Rp 12,45 triliun sepanjang semester I 2021 atau tumbuh 13,3% dibanding periode sama tahun lalu Rp 10,98 triliun. Peningkatan untung salah satunya disokong pendapatan dari bisnis Indihome yang tumbuh paling signifikan. Berdasarkan laporan keuangan perusahaan yang diunggah melalui keterbukaan informasi, perusahaan milik negara tersebut memperoleh pendapatan Rp 69,48 triliun pada enam bulan pertama tahun ini, atau naik 3,92% dari semester I 2020 sebesar Rp 66,85 triliun. Pendapatan Telkom terbesar berasal dari bisnis internet dan data seluler yang mencapai Rp 31,65 triliun dalam enam bulan pertama tahun ini. Pendapatan tersebut meningkat 4,14% dibanding Juni 2020 Rp 30,39 triliun. Pendapatan terbesar lainnya berasal dari bisnis internet Indihome yang nilainya mencapai Rp 12,87 triliun hingga Juni 2021. Pendapatan ini tumbuh signifikan 24,21% dibanding periode yang sama tahun lalu Rp 10,37 triliun.

 Di sisi lain, ada beberapa bisnis yang pendapatannya mengalami penurunan, yaitu dari sisi pendapatan telepon. Hingga Juni 2021, Telkom mengantongi pendapatan Rp 8,55 triliun dari bisnis telepon atau turun 18,21% dari Rp 10,45 triliun. Di tengah pendapatan yang mengalami kenaikan, beberapa pos biaya dan beban yang menggerus profitabilitas perusahaan juga ikut meningkat. Salah satunya beban operasi, pemeliharaan, dan jasa telekomunikasi mencapai Rp. 12,47 triliun atau mengalami kenaikan 7,68% dri Rp. 16,22 triliun. Meski begitu, Telkom masih membukukan laba usaha mencapai Rp 23,61 triliun atau tumbuh 6,12% dari Rp 22,25 triliun. Setelah dikurangi biaya pendanaan pun, laba sebelum pajak penghasilan Telkom Rp. 21,79 triliun atau naik 8,89% dari Rp. 20,01 triliun.

 

Keunggulan dan Kekurangan Perusahaan Telkom

 

Keunggulan Perusahaan Telkom

 

a.     Pelanggan dapat terhubung ke Internet, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima atau menelepon. Jika akses menelepon diaktifkan, maka ada iuran bulanan dibebankan kepada pelanggan. Kalau dinonaktifkan fasilitas menelepon tapi masih bisa menerima telepon, maka biaya tambahan per bulan tersebut ditiadakan

b.     Bagi pelanggan lama, Speedy tidak memerlukan kabel telepon baru. Proses pemasangan cukup menyambung kabel telepon yang telah ada ke modem.

c.     Akses Internet menggunakan Speedy di Indonesia kecepatannya semakin tinggi jika kabel serat optik telah merata digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

d.     Akses Internet Juga Tergantung Paket Yang Diminta

Kekurangan Perusahaan Telkom

 

a.      Speedy akan bekerja dengan sempurna jika lokasi cukup dekat dengan sentral telepon. Dalam jarak 0-2 km bentangan kabel, ADSL2+ yang dipakai oleh Speedy dapat mencapai kecepatan sekitar 24 mbps akan stabil kecepatannya. Kualitas kecepatan semakin menurun jika kabel tembaga telah berusia tua dan jarak DSLAM terlalu jauh dari rumah pelanggan. Kabel serat optik dapat menetralisir kekurangan ini, namun sedang dalam pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

b.     Speedy lebih cepat menerima data daripada mengirim data melalui Internet.

c.      Layanan Speedy tidak ada di wilayah yang tidak ada jaringan telepon yang disediakan Telkom.

d.     Layanan Speedy Biasananya Sering DC Apabila Dalam Keadaan Buruk Seperti Hujan + Petir

e.      Untuk Layanan Speedy Yang Masih Menggunakan Tembaga Harus Ada Perawatan Berkala dan masih ada gelombang radio

 

 


Sejarah Oracle


            Larry Ellison mendirikan Oracle Corporation pada tahun 1977 bersama Bob Miner dan Ed Oates dengan nama Software Development Laboratories (SDL). Ellison terinspirasi dari artikel terbitan tahun 1970 yang ditulis oleh Edgar F. Codd mengenai sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang berjudul "A Relational Model of Data for Large Shared Data Banks." Ia mendengar tentang basis data IBM System R dari sebuah artikel di IBM Research Journal yang didapat oleh Oates. Ellison ingin membuat produk Oracle dapat digunakan dengan System R, namun gagal karena IBM merahasiakan kode galat dari DBMS buatannya. SDL kemudian mengubah namanya menjadi Relational Software, Inc (RSI) pada t
ahun 1979, dan kembali mengubah namanya menjadi Oracle Systems Corporation pada tahun 1983, untuk mendekatkan perusahaan ini dengan produk unggulannya, yakni Oracle Database.

Pada saat itu, Bob Miner berperan sebagai pemrogram senior di Oracle. Pada tanggal 12 Maret 1986, perusahaan ini mengadakan penawaran umum perdana. Pada tahun 1995, Oracle Systems Corporation mengubah namanya menjadi Oracle Corporation, sehingga secara resmi bernama Oracle, namun terkadang juga disebut sebagai Oracle Corporation, nama perusahaan induknya. Sebagian kesuksesan Oracle Corporation pada awalnya berasal dari penggunaan bahasa pemrograman C untuk mengimplementasikan produknya. Hal tersebut pun mempermudah porting ke sejumlah sistem operasi berbeda, yang sebagian besar mendukung bahasa pemrograman C.

 

Produk Perusahaan Oracle

1.     Oracle Database

Oracle Database adalah database pertama uang dirancang untuk enterprise grid computing.Sebuah database yang paling fleksibel dan hemat biaya dalam mengatur informasi dan aplikasi.Oracle Database tersedia dalam tiga edisi – Enterprise,Standart,Personal.

2.     Oracle Application Server

Oracle’s Java 2 Enterprise Edition (J2EE) server yang bersertifikat,mengintegrasi segala yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan membuart aplikasi berbasis Web.Aplikasi server mendeploy portals e-business, web services dan aplikasi transaksional seperti PL/SQL,Oracle Forms,dan aplikasi yang berbasis J2EE.

3.     Oracle Applications

Oracle E-Business Suite adalah suatu himpunan lengkap bisnis untuk mengatur dan mengotomasi proses dalam sebuah organisasi.

 

4.     Oracle Collaboration Suite

Oracle Collaboration Suite adalah satu sistem yang terintegrasi untuk semua komunikasi data dalam sebuah organisasi : Voice,E-mail, fax, wireless, calendar information, dan file-file.

 

5.     Oracle Development Suite

Oracle Development Suite sangatlah komplit,suatu integrasi yang mengkombinasikan application development dan business intelligence tools.

6.     Oracle Services

Services seperti Oracle Consulting dan Oracle University yang menyediakan keahlian yang dibutuhkan untuk menjaga Oracle project supaya tetap dalam jalur dan berjalan dengan baik

 

Omset Perusahaan Oracle

Perusahaan perangkat lunak Oracle Corp gagal memenuhi ekspektasi Wall Street untuk pendapatan kuartal pertama. Hal tersebut dikarenakan persaingan di ruang komputasi awan yang meningkat. Total pendapatan perusahaan naik 4% menjadi US$ 9,73 miliar pada kuartal yang berakhir 31 Agustus. Padahal, analis berharap pendapatan bisa mencapai $ 9,77 miliar.

Saham perusahaan yang berbasis di Austin, Texas memangkas kerugian dan turun 1,4% dalam perdagangan yang diperpanjang setelah perusahaan memperkirakan laba per saham yang disesuaikan pada kuartal kedua di atas ekspektasi. Sepanjang tahun ini, saham Oracle telah meningkat sekitar 40%.Perusahaan mengharapkan laba per saham yang disesuaikan antara US$1,09 dan US$1,13, di atas perkiraan rata-rata analis $1,08, menurut data IBES dari Refinitiv.

 

Keuggulan dan Kekurangan Perusahaan Oracle

Keunggulan Perusahaan Oracle

a.     Database Oracle mengupdate versi terbarunya setiap dua atau tiga tahun sekali. Update ini dilakukan untuk perbaikan kualitas sesuai dengan permintaan pasar.

b.     Oracle memiliki fitur-fitur keamanan yang berkualitas tinggi yang dapat melindungi data di dalam database.

c.     Oracle memiliki fleksibilitas dalam mengontrol transaksi. Hal ini karena, Oracle memiliki, yaitu High Transaction Processing Performance.  High Transaction Processing Performance adalah sebuah fitur yang digunakan untuk menjaga performa sistem database selama proses transaksi data berlangsung. Sehingga, dengan adanya fitur ini, meski di database sedang banyak terjadi transaksi atau akses terhadap data yang sama yang dilakukan secara bersamaan, proses transaksi atau akses data semua user ke sistem tetap berjalan dan sistem database tidak mengalami down.

d.     Oracle memiliki tingkat skalabilitas yang lebih tinggi ketimbang MySQL. Artinya, Oracle memiliki kemampuan yang tidak terbatas, kemampuan yang tidak dipunyai oleh MySQL, yaitu kemampuan menghandle penambahan beban yang bertambah besar, seperti penambahan user dan penambahan volume data.

 

Kekurangan Perusahaan Oracle

a.     Harga software DBMS tinggi dan mahal

b.     Masalah harga jual

c.     Spesifikasi minimum hardware yang tinggi

d.     Tidak cocok untuk diaplikasikan pada perusahaan atau instansi kecil

e.     Rumit dalam mengaplikasikannya


Sejarah Perusahaan Microsoft



Microsoft didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975. Gates dan Allen merupakan masa teman kecil. Nama Microsoft sendiri merupakan gabungan antara microcomputer dan software. Pada awalnya, Microsoft bermarkas di New Mexico, Amerika Serikat. Mereka pindah ke Washington DC pada 1979. Ketika Microsoft didirikan, kebanyakan warga Amerika Serikat masih menggunakan mesin ketik. Namun, lama sebelum Microsoft berdiri, Gates dan Allen sudah menunjukkan ketertarikan pada komputer. Saat masih duduk di bangku SMA, keduanya sering kabur dari kelas untuk menghabiskan waktu mereka di ruang komputer. Keduanya bahkan sempat meretas komputer sekolah. Untungnya, Gates dan Allen tidak dikeluarkan karena hal tersebut. Sebaliknya, mereka diberi izin untuk menggunakan komputer sekolah selama yang mereka mau. Sebagai gantinya, mereka harus memperbaiki performa komputer di sekolah.

Dengan bantuan Paul Gilbert, Gates dan Allen membuat perusahaan ketika mereka masih SMA. Dinamai Traf-O-Data, perusahaan itu menjual komputer untuk menghitung lalu lintas dalam kota ke pemerintah kota Seattle, menurut laporan ThoughtCo. Pada 1973, Gates meninggalkan Seattle untuk kuliah di Harvard University. Walau mengambil jurusan hukum, dia masih tetap mencintai programming dan menghabiskan banyak waktunya di ruang komputer di Harvard. Di sana, dia terus mengasah kemampuannya dalam membuat software. Tidak lama setelah itu, Allen pindah ke Boston. Dia bekerja sebagai programmer. Dia kemudian mendorong Gates untuk keluar dari Harvard agar mereka bisa fokus untuk mengerjakan proyek mereka. Pada Januari 1975, Allen membaca artikel tentang microcomputer Altair 8800 di majalah Popular Electronics dan menunjukkannya ke Gates. Hal ini memicu Gates untuk menghubungi MITS, perusahaan yang membuat Altair. Gates menawarkan diri untuk menulis bahasa programming yang kompatibel dengan Altair. Selama delapan minggu, Gates dan Allen membuat demo untuk ditunjukkan ke MITS. Setelah melihat demo buatan Gates dan Allen, MITS setuju untuk mendistribusikan dan memasarkan software buatan Gates dan Allen dengan nama Altair BASIC. Kontrak dengan MITS inilah yang menginspirasi Gates dan Allen untuk membuat perusahaan software mereka sendiri. Dan pada April 1975, Microsoft didirikan di Albuquerque, New Mexico. Alasan Gates dan Allen memilih kota tersebut adalah karena di sanalah markas dari MITS.

Produk Microsoft

1.     Microsoft Office



produk milik microsoft ini memang sangat dibutuhkan dan diandalkan banyak orang mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Microsoft office memiliki rancangan yang mana bisa di gunakan dalam sistem operasi Mac OS X dan Windows. Dengan begitu membawa nama microsoft menjadi semakin melejit, karena micsrosoft office memang sangat populer.

2.     Windows



Windows merupakan sistem operasi miliki microsoft yang banyak digunakan orang orang.  Windows sukses dengan banyaknya perangkat PC yang menmbawanya menjadi sistem operasi secara default.  Awal kehadira windows bermula dari Windows XP hingga kini menjadi Windows 10. Tidak heran jika windows sendiri berhasil mendominasi pasar sistem operasi dengan 50.99% di tahun 2019.

3.     OneDrive



Onedrive adalah sistem penyimpanan canggih pengganti falsdisk atau hardisk eksternal. Produk milik microsoft ini memiliki layanan awan atau biasa disebut sebagi cloud storage dimana akan ememudahkan kalian untuk menyimpan data. Sebagai layanan komputasi awan seperti Google drive atau Dropbox tentunya memudahkan para penggunanya untuk mengakses program ini.

 

4.     Skype

 

Microsoft juga memiliki product yang memiliki fungsi seperti aplikasi chatting whatsapp. Aplikasi ini akan memudahkan kalian untuk melakukan panggilan video atau video call, chatting dan bebas pulsa hanya mengandalkan kuota internet saja. 


5.     Wunderlist

Produk microsoft yang diberut pada tahun 2011 lalu ini merupakan aplikasi yang menghadirkan layanan pengelola tugas dengan system cloud. Aplikasi ini akan membantu kita mengelolah tugas bahkan melalui ponsel pintar, atau tablet sekalipun. Pada tahun 2015 Wunderlist yang diakusisi oleh Microsoft ini memiliki 13 juta pengguna. Namun sayangnya produk microsft ini dihentikan dan dikembangkan ke aplikasi baru dengan nama Microsoft To-Do.


Omset Perusahaan Microsoft

 


Microsoft mencatatkan pendapatan sebesar US$ 41,7 miliar atau sekitar Rp 604,6 triliun (kurs Rp 14.500/US$) pada kuartal I 2021. Jumlah itu naik 19% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$ 35 miliar. Peningkatan tersebut salah satunya ditopang oleh pendapatan layanan komputasi awan (cloud) yang sebesar US$ 15,1 miliar atau naik 23,1% secara tahunan. Pendapatan layanan cloud Azure juga tercatat naik 50% secara tahunan karena diminati konsumen selama pandemi virus corona Covid-19. Kemudian, pendapatan produktivitas dan bisnis sebesar US$ 13,5 miliar pada Januari-Maret 2021. Nilainya meningkat 15,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya karena didorong oleh Office Commercial dan LinkedIn.

Pendapatan yang berasal dari segmen komputasi pribadi (personal computing) sebesar US$ 13,03 miliar pada tiga bulan pertama tahun ini. Jumlah ini meningkat 23,1% secara tahunan lantaran didorong oleh produk gim dan gawai Surface. Adapun, pendapatan Microsoft tercatat naik 55,5% jika dibandingkan sejak kuartal I-2018. Meningkatnya ragam produk teknologi yang dimiliki perusahaan serta kepercayaan konsumen membuat pendapatan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini terus bertumbuh tiap tahunnya.

 

Keunggulan Perusahaan Microsoft

Microsoft memiliki apa yang disebut Warren Buffett sebagai parit yang kuat: keunggulan kompetitif yang melindunginya dari saingan dan memungkinkan keuntungannya yang besar. Kekayaan intelektual Microsoft — khususnya, paten dan kode perangkat lunak berpemiliknya — berkontribusi pada kedalaman paritnya.

REFERENSI

https://www.academia.edu/35391237/Gojek_makalah

https://bisnis.tempo.co/read/1404924/naik-10-persen-transaksi-gojek-sepanjang-2020-mencapai-rp-170-triliun

https://tekno.esportsku.com/amp/5-produk-microsoft-yang-paling-sukses/

https://internasional.kontan.co.id/news/pendapatan-oracle-jauh-dari-harapan-karena-persaingan-cloud-meningkat

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/27/pendapatan-microsoft-naik-19-pada-kuartal-i-2021#:~:text=Pendapatan%20Microsoft%20secara%20Kuartal&text=Microsoft%20mencatatkan%20pendapatan%20sebesar%20US,lalu%20sebesar%20US%24%2035%20miliar.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

APPRILIA AGUSTI_50420026_2IA19_RANGKUMAN WEB CRAWLING_PWS PERT9

Rangkuman Regulasi Pengadaan Barang dan Jasa_APPRILIA AGUSTI_50420206_2IA19_BISNIS INFORMATIKA