APPRILIA AGUSTI_50420206_TUGAS2_PERKEMBANGAN PERUSAHAAN BISNIS INFORMATIKA INTERNASIONAL DAN NASIONAL_2IA19
PERKEMBANGAN
PERUSAHAAN BISNIS INFORMATIKA INTERNASIONAL DAN NASIONAL
Disusun
Oleh :
APPRILIA
AGUSTI
50420206
2IA19
Pengertian Gojek
Gojek (ditulis bergaya sebagai goȷek, sebelumnya ditulis GO-JEK) merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini, Gojek telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Hingga bulan Juni 2016, aplikasi Gojek sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android, dan telah tersedia di App Store. Gojek juga mempunyai layanan pembayaran digital yang bernama Gopay. Selain di Indonesia, layanan Gojek kini telah tersedia di Thailand, Vietnam dan Singapura.
Sejarah Gojek
Sejarah Gojek Indonesia mulai
beroperasi di Indonesia (khususnya DKI Jakarta) pada tahun 2010. Pada waktu itu
kemunculan Gojek memunculkan berbagai reaksi, baik yang pro maupun kontra.
Tetapi kemudian masyarakat mulai merasa terbantu dengan kehadiran Gojek untuk
menembus kemacetan kota Jakarta. Antusiasme dan kepercayaan masyarakat sampai
sekarang terbukti dengan 50 juta kali unduhan, baik di Google App Store maupun
Apple App Store. Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim, warga negara Indonesia lulusan Master of Business
Administration dari Harvard Business School. Ide mendirikan
Gojek muncul dari pengalaman pribadi Nadiem Makarim menggunakan transportasi ojek hampir setiap hari ke tempat kerjanya
untuk menembus kemacetan di Jakarta. Saat itu, Nadiem masih bekerja
sebagai Co-Founder dan Managing Director Zalora Indonesia dan Chief Innovation Officer Kartuku.
Sebagai seseorang yang sering
menggunakan transportasi ojek, Nadiem melihat ternyata sebagian besar waktu
yang dihabiskan oleh pengemudi ojek hanyalah sekadar mangkal menunggu
penumpang. Padahal, pengemudi ojek akan mendapatkan penghasilan lebih banyak bila terus mencari penumpang.
Selain itu, ia melihat ketersediaan jenis transportasi ini tidak sebanyak
transportasi lainnya sehingga sering kali cukup sulit untuk dicari. Ia
menginginkan ojek yang bisa ada setiap saat dibutuhkan. Dari pengalamannya
tersebut, Nadiem Makarim melihat adanya peluang untuk membuat sebuah layanan
yang dapat menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Pada tanggal 13 Oktober 2010, Gojek resmi berdiri dengan 20 orang
pengemudi. Pada saat itu, Gojek masih mengandalkan call center untuk
menghubungkan penumpang dengan pengemudi ojek. Pada pertengahan 2014,
berkat popularitas Uber kala itu, Nadiem Makarim mulai
mendapatkan tawaran investasi. Pada tanggal 7 Januari 2015, Gojek akhirnya meluncurkan aplikasi
berbasis Android dan iOS untuk
menggantikan sistem pemesanan menggunakan call center.
Fitur – Fitur Gojek
Fitur
yang terdapat pada 4 menu utama pada layanan Go-Jek App diantaranya :
1. Input
Data
Calon penumpang menentukan lokasi
penjemputan dan lokasi tujuan kemudian Go-Jek akanmengkalkulasi pembayaran. Dan
kemudian calon penumpang memilih cara pembayaran ( cash atau memakai
Credit Go-Jek).
2. Driver
On The Way
Setelah melakukan pemesanan, aplikasi akan
merespon untuk mencari supir Go-Jek terdekatdengan lokasi calon penumpangnya.
Pada fitur ini, calon penumpang akan melihat GPSmengenai keberadaan supir
Go-Jek yang akan menjemputnya bahkan terdapat berapa lamaestimasi yang
dibutuhkan supir Go-Jek sampai dilokasi calon penumpang.
3. SMS
& Call
Ketika Supir Go-Jek belum sampai juga,
calon penumpang bisa memanfaatkan fitur SMS & Call yang telah
disediakan oleh Go-Jek Apps.
4. Driver
Review
Untuk fitur ini penumpang
dapat memberikan rating dan komentar mengeni pelayanan yangdilakukan oleh supir
Go-Jek, karena dari rating inilah supir Go-Jek akan mendapatkan bonusbulanan.
5. My
Wallet
Fitur
ini memudahkan penumpang dalam pembayaran, karena tidak memerlukan uang
cash.Untuk penumpang yang baru pertama kali ingin menggunakan, Go-Jek memberikan
kodevoucher senilai Rp. 50.000.untuk pengisian ulang penumpang dapat
mentransfer uang melaluiBank yang sudah ditentukan
Omset
Perusahaan Gojek
Perusahaan multiaplikasi Gojek mencatat transaksi sepanjang 2020 mencapai US$
12 miliar atau Rp 170 triliun. Transaksi ini meningkat 10 persen ketimbang
tahun lalu. “Tahun ini merupakan tahun yang penuh tantangan bagi kita semua dan
kami bangga Gojek dapat tetap resilient, terus menjadi andalan masyarakat agar
tetap produktif, serta di saat yang sama mampu memperkuat fundamental
perusahaan,” ujar CEO Gojek Andre Sulistyo dalam keterangannya yang diterima
pada Jumat, November 2020. Pencapaian ini didorong oleh transaksi pengguna
aktif bulanan yang mencapai 38 juta pengguna di seluruh Asia Tenggara.
Transaksi juga diraup oleh oleh layanan pendamping seperti GTV dan pembayaran
Gopay.
Keunggulan
dan Kekurangan Pada Gojek
Keunggulan
Gojek
1. Tidak
perlu takut jika tidak diterima , saat semua persyaratan yang diajukan lengkap
maka tinggal nunggu panggilan saja ,pasti akan diterima.
2. Tidak
perlu membuang uang menulis lamaran dan CV diatas materai , cukup dengan
meng-upload berkas saja.
3. Tidak
perlu interview panjang lebar seperti layaknya masuk ke perusahaan besar.hanya
sebatas himbauan.
4. Memiliki
banyak teman diantaranya : penumpang ,dan teman gojek lainnya,
5. Menjadi
ladang pahala, apabila penumpang selamat sampai tujuan.
6. Jangkauan
orderan luas, tidak terbatas.
7. Bisa
dilakukan part time. Paruh waktu jika memiliki pekerjaan yang tetap.
8. Bisa
digunakan untuk menambah penghasilan.
9. Mendapatkan
pengalaman baru.
10. Tidak
perlu masuk kantor dan dimarahi bos
11. Kalau rajin bisa dapat
penghasilan lebih. Berbeda dengan kerja kantoran biasanya (rajin gajinya
segitu malas jugak segitu)
Kekurangan Gojek
1. Harus
menggunakan seragam lengkap.
2. Setiap
hari harus bisa sabar dan rendah hati jika penumpang memarahi driver.
3. Akun
gampang tersuspend
4. Waktu
kerja tidak tetap.
5. Gaji
berdasarkan jumlah orderan(tidak tetap).
6. Sering
Miss komunikasi dengan penumpang.
7. Tetap
bersikap lemah lembut .
8. Harus
tetap sabar dan rendah hati jika dibentak pelanggan.
9. Orderan
terbagi rata oleh banyak member gojek lainnya.
10. Harus
mengerti dan memainkan aplikasi.
11. Hasil
bisa diliat langsung dari aplikasi melalui rating.
Sejarah Perusahaan Telkom Indonesia
Telkom merupakan perusahan milik Badan Usaha Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang informasi dan komunikasi. Sejarah PT. Telkom Indonesia ini bermula pada pendirian badan usaha swasta penyedia layanan poss dan telegraf pada tahun 1882. Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan perushaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi). Tahun 1974 PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi perusahaan Umum Telekomunikasi (PERUMTEL). Beberapa kali diubah namanya, hingga kemudian pada tahun 1980 Indonesia mendirikan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional dan seluruh saham PT. Indonesian Satellite Coorporation Tbk. (Indosat) di ambil alih oleh pemerintah RI menjadi BUMN.
Pada tahun 1989, ditetapkan UU Nomor 3
Tahun 1989 tentang telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta 31 dalam
penyelenggaraan telekomunikasi. Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi
Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP No 25
Tahun 1991. 1995 Penawaran Umum perdana saham TELKOM (Initial Public Offering)
dilakukan pada tanggal 14 November 1995. Sejak itu saham TELKOM tercatat dan
diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York
Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSE). Saham TELKOM juga
diperdagangkan tanpa pencatatan (Public Offering Without Listing) di Tokyo
Stock Exchange. Kerja sama Operasi (KSO) mulai diimplementasikan pada 1 Januari
1996 di wilayah Divisi Regional I Sumatra dengan mitra PT Pramindo Ikat
Nusantara (Pramindo), Divisi Regional III Jawa Barat dan Banten-dengan mitra PT
Aria West International (AriaWest), Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DI
Yogyakarta - dengan mitra PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (MGTI),
Divisi Regional VI Kalimantan dengan mitra PT Dayamitra Telekomunikasi
(Dayamitra), dan Divisi Regional VII Kawasan Timur Indonesia-dengan mitra PT
Bukaka Singtel.
Tahun 2001 Telkom membeli saham Telkomsel
sebanyak 35% dari PT Indosat sebagai restrukturisasi industri jasa
telekomunikasi di Indonesia. Pada tanggal 23 Oktober 2009, Telkom meluncurkan
“New 32 Telkom” (“Telkom Baru”) yang ditandai dengan penggantian identitas
perusahaan. Sejak 1 Juli 1995 PT. Telkom telah menghapus struktur wilayah usaha
telekomunikasi (WTTEL) dan secara de facto meresmikan dimulainya era Divisi
Network. Badan Usaha utama dikelola oleh 7 divisi regional dan 1 divisi
network. Divisi regional menyelenggarakan jasa telekomunikasi di wilayah masing
masing dan divisi network menyelenggarakan jasa telekomunikasi jarak jauh luar
negeri melalui pengoperasian jaringan transmisi jalur utama nasional. Daerah regional.
Produk
– Produk Telkom
1.
Telepon, data, Internet
a. IndiHome
Fiber merupakan layanan Triple Play yang terdiri dari telepon rumah, Internet
on Fiber atau High Speed Internet dan Usee TV Cable beserta beberapa fitur
tambahan seperti IndiHome View, Melon dan Trend Micro Internet Security.
b. Telepon
rumah adalah layanan komunikasi telepon dengan keunggulan biaya yang murah dan
kualitas suara yang jernih. Paket IndiHome Fiber menawarkan gratis menelepon
1000 34 menit atau setara dengan 17 jam per bulan yang bisa digunakan baik
untuk Lokal maupun Interlokal secara leluasa.
c. Flexi
layanan data dan internet, layanan telepon
d. TelkomNet
Instan layanan akses internet dial up
e. TelkomNet
Astinet merupakan layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
f. e-Businnes
(i-deal, i-manage, i-settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb
Plazatron)
g. Solusi
Enterprise
h. TELKOMLink
DINAccess
i. TELKOM
Link VPN IP merupakan layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP
MPLS.
j. TELKOMNet
Whole Sale (VPN Dial) merupakan layanan akses dial up ke intranet suatu
perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data
berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.
k. TELKOMISDN
merupakan jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia,
merupakan pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi
l. e-Health
merupakan layanan solusi untuk entitas kesehatan meliputi ePuskesmas,
ePharmacy, HIE (Health Information Exchange).
2.
Satelit
a. TELKOM
Satelit (Sewa Transponder)
b. TELKOMVSAT
3.
Televisi berlangganan berbasis protokol internet
a. Groovia
TV merupakan televisi protokol internet pertama di Indonesia. Kualitas resolusi
Groovia TV lebih bagus dibanding dengan hasil video dari TV konvensional.
b. UseeTV
merupakan layanan Interactive TV dari Indihome yang pertama di Indonesia.
Layanan TV berbayar (Pay TV) yang memberikan pengalaman baru. UseeTV Cable juga
memberikan berbagai macam fitur yang tidak ada di penyedia layanan kabel
lainnya, seperti Pause & Rewind TV, Video on Demand, Video Recorder dan
lainnya. UseeTV Cable memiliki beragam Channel pilihan. Saat ini, Channel yang
ada sebanyak 101 Channel pilihan, terdiri dari 19 Channel TV Lokal dan 81
Channel TV Internasional. IndiHome Interactive TV, layanan TV Kabel yang seru
dan lengkap.
Omset
Perusahaan Telkom Indonesia
Telkom Indonesia (Persero) Tbk mengantongi
laba bersih Rp 12,45 triliun sepanjang semester I 2021 atau tumbuh 13,3%
dibanding periode sama tahun lalu Rp 10,98 triliun. Peningkatan untung salah
satunya disokong pendapatan dari bisnis Indihome yang tumbuh paling signifikan.
Berdasarkan laporan keuangan perusahaan yang diunggah melalui keterbukaan
informasi, perusahaan milik negara tersebut memperoleh pendapatan Rp 69,48
triliun pada enam bulan pertama tahun ini, atau naik 3,92% dari semester
I 2020 sebesar Rp 66,85 triliun. Pendapatan Telkom terbesar berasal dari
bisnis internet dan data seluler yang mencapai Rp 31,65 triliun dalam enam
bulan pertama tahun ini. Pendapatan tersebut meningkat 4,14% dibanding Juni
2020 Rp 30,39 triliun. Pendapatan
terbesar lainnya berasal dari bisnis internet Indihome yang nilainya mencapai
Rp 12,87 triliun hingga Juni 2021. Pendapatan ini tumbuh signifikan 24,21%
dibanding periode yang sama tahun lalu Rp 10,37 triliun.
Di sisi lain,
ada beberapa bisnis yang pendapatannya mengalami penurunan, yaitu dari sisi
pendapatan telepon. Hingga Juni 2021, Telkom mengantongi pendapatan Rp 8,55
triliun dari bisnis telepon atau turun 18,21% dari Rp 10,45 triliun. Di tengah
pendapatan yang mengalami kenaikan, beberapa pos biaya dan beban yang menggerus
profitabilitas perusahaan juga ikut meningkat. Salah satunya beban
operasi, pemeliharaan, dan jasa telekomunikasi mencapai Rp. 12,47 triliun atau
mengalami kenaikan 7,68% dri Rp. 16,22 triliun. Meski begitu, Telkom masih
membukukan laba usaha mencapai Rp 23,61 triliun atau tumbuh 6,12% dari Rp 22,25
triliun. Setelah dikurangi biaya pendanaan pun, laba sebelum pajak penghasilan Telkom
Rp. 21,79 triliun atau naik 8,89% dari Rp. 20,01 triliun.
Keunggulan dan Kekurangan Perusahaan Telkom
Keunggulan Perusahaan Telkom
a. Pelanggan
dapat terhubung ke Internet, dan tetap dapat menggunakan telepon untuk menerima
atau menelepon. Jika akses menelepon diaktifkan, maka ada iuran bulanan
dibebankan kepada pelanggan. Kalau dinonaktifkan fasilitas menelepon tapi masih
bisa menerima telepon, maka biaya tambahan per bulan tersebut ditiadakan
b. Bagi
pelanggan lama, Speedy tidak memerlukan kabel telepon baru. Proses pemasangan
cukup menyambung kabel telepon yang telah ada ke modem.
c. Akses
Internet menggunakan Speedy di Indonesia kecepatannya semakin tinggi jika kabel
serat optik telah merata digunakan di seluruh wilayah Indonesia.
d. Akses
Internet Juga Tergantung Paket Yang Diminta
Kekurangan
Perusahaan Telkom
a.
Speedy akan bekerja dengan sempurna jika
lokasi cukup dekat dengan sentral telepon. Dalam jarak 0-2 km bentangan kabel,
ADSL2+ yang dipakai oleh Speedy dapat mencapai kecepatan sekitar 24 mbps akan
stabil kecepatannya. Kualitas kecepatan semakin menurun jika kabel tembaga
telah berusia tua dan jarak DSLAM terlalu jauh dari rumah pelanggan. Kabel
serat optik dapat menetralisir kekurangan ini, namun sedang dalam pembangunan
di seluruh wilayah Indonesia.
b.
Speedy lebih cepat menerima data daripada
mengirim data melalui Internet.
c.
Layanan Speedy tidak ada di wilayah yang
tidak ada jaringan telepon yang disediakan Telkom.
d.
Layanan Speedy Biasananya Sering DC
Apabila Dalam Keadaan Buruk Seperti Hujan + Petir
e.
Untuk Layanan Speedy Yang Masih
Menggunakan Tembaga Harus Ada Perawatan Berkala dan masih ada gelombang radio
Sejarah Oracle
Larry Ellison mendirikan Oracle Corporation pada tahun 1977 bersama Bob Miner dan Ed Oates dengan nama Software Development Laboratories (SDL). Ellison terinspirasi dari artikel terbitan tahun 1970 yang ditulis oleh Edgar F. Codd mengenai sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) yang berjudul "A Relational Model of Data for Large Shared Data Banks." Ia mendengar tentang basis data IBM System R dari sebuah artikel di IBM Research Journal yang didapat oleh Oates. Ellison ingin membuat produk Oracle dapat digunakan dengan System R, namun gagal karena IBM merahasiakan kode galat dari DBMS buatannya. SDL kemudian mengubah namanya menjadi Relational Software, Inc (RSI) pada t
ahun 1979, dan kembali mengubah namanya menjadi Oracle Systems Corporation pada tahun 1983, untuk mendekatkan perusahaan ini dengan produk unggulannya, yakni Oracle Database.
Pada saat itu, Bob
Miner berperan sebagai pemrogram senior di Oracle. Pada tanggal 12 Maret 1986,
perusahaan ini mengadakan penawaran umum perdana. Pada tahun 1995, Oracle
Systems Corporation mengubah namanya menjadi Oracle Corporation, sehingga
secara resmi bernama Oracle, namun terkadang juga disebut sebagai Oracle
Corporation, nama perusahaan induknya. Sebagian kesuksesan Oracle Corporation
pada awalnya berasal dari penggunaan bahasa pemrograman C untuk
mengimplementasikan produknya. Hal tersebut pun mempermudah porting ke sejumlah
sistem operasi berbeda, yang sebagian besar mendukung bahasa pemrograman C.
Produk
Perusahaan Oracle
1.
Oracle Database
Oracle Database adalah
database pertama uang dirancang untuk enterprise grid computing.Sebuah database
yang paling fleksibel dan hemat biaya dalam mengatur informasi dan
aplikasi.Oracle Database tersedia dalam tiga edisi – Enterprise,Standart,Personal.
2.
Oracle Application Server
Oracle’s Java 2
Enterprise Edition (J2EE) server yang bersertifikat,mengintegrasi segala yang
dibutuhkan untuk mengembangkan dan membuart aplikasi berbasis Web.Aplikasi
server mendeploy portals e-business, web services dan aplikasi transaksional
seperti PL/SQL,Oracle Forms,dan aplikasi yang berbasis J2EE.
3.
Oracle Applications
Oracle E-Business Suite adalah suatu himpunan lengkap bisnis
untuk mengatur dan mengotomasi proses dalam sebuah organisasi.
4.
Oracle Collaboration Suite
Oracle Collaboration Suite adalah satu sistem yang terintegrasi
untuk semua komunikasi data dalam sebuah organisasi : Voice,E-mail, fax,
wireless, calendar information, dan file-file.
5.
Oracle Development Suite
Oracle Development Suite sangatlah komplit,suatu integrasi yang
mengkombinasikan application development dan business intelligence tools.
6.
Oracle Services
Services seperti Oracle Consulting dan Oracle University yang
menyediakan keahlian yang dibutuhkan untuk menjaga Oracle project supaya tetap
dalam jalur dan berjalan dengan baik
Omset Perusahaan
Oracle
Perusahaan perangkat lunak Oracle Corp gagal
memenuhi ekspektasi Wall Street untuk pendapatan kuartal pertama. Hal tersebut
dikarenakan persaingan di ruang komputasi awan yang meningkat. Total pendapatan
perusahaan naik 4% menjadi US$ 9,73 miliar pada kuartal yang berakhir 31
Agustus. Padahal, analis berharap pendapatan bisa mencapai $ 9,77 miliar.
Saham perusahaan yang berbasis di Austin,
Texas memangkas kerugian dan turun 1,4% dalam perdagangan yang diperpanjang
setelah perusahaan memperkirakan laba per saham yang disesuaikan pada kuartal
kedua di atas ekspektasi. Sepanjang tahun ini, saham Oracle telah meningkat
sekitar 40%.Perusahaan mengharapkan laba per saham yang disesuaikan antara
US$1,09 dan US$1,13, di atas perkiraan rata-rata analis $1,08, menurut data
IBES dari Refinitiv.
Keuggulan dan Kekurangan
Perusahaan Oracle
Keunggulan
Perusahaan Oracle
a. Database
Oracle mengupdate versi terbarunya setiap dua atau tiga tahun sekali. Update
ini dilakukan untuk perbaikan kualitas sesuai dengan permintaan pasar.
b. Oracle
memiliki fitur-fitur keamanan yang berkualitas tinggi yang dapat melindungi
data di dalam database.
c. Oracle
memiliki fleksibilitas dalam mengontrol transaksi. Hal ini karena, Oracle
memiliki, yaitu High Transaction Processing Performance. High Transaction
Processing Performance adalah sebuah fitur yang digunakan untuk menjaga
performa sistem database selama proses transaksi data berlangsung. Sehingga,
dengan adanya fitur ini, meski di database sedang banyak terjadi transaksi atau
akses terhadap data yang sama yang dilakukan secara bersamaan, proses transaksi
atau akses data semua user ke sistem tetap berjalan dan sistem database tidak
mengalami down.
d. Oracle
memiliki tingkat skalabilitas yang lebih tinggi ketimbang MySQL. Artinya,
Oracle memiliki kemampuan yang tidak terbatas, kemampuan yang tidak dipunyai
oleh MySQL, yaitu kemampuan menghandle penambahan beban yang bertambah besar,
seperti penambahan user dan penambahan volume data.
Kekurangan
Perusahaan Oracle
a. Harga
software DBMS tinggi dan mahal
b. Masalah
harga jual
c. Spesifikasi
minimum hardware yang tinggi
d. Tidak
cocok untuk diaplikasikan pada perusahaan atau instansi kecil
e. Rumit
dalam mengaplikasikannya
Sejarah
Perusahaan Microsoft
Microsoft
didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada 4 April 1975. Gates
dan Allen merupakan masa teman kecil. Nama Microsoft sendiri merupakan gabungan
antara microcomputer dan
software. Pada awalnya, Microsoft bermarkas di New Mexico, Amerika Serikat.
Mereka pindah ke Washington DC pada 1979. Ketika Microsoft didirikan,
kebanyakan warga Amerika Serikat masih menggunakan mesin ketik. Namun, lama
sebelum Microsoft berdiri, Gates dan Allen sudah menunjukkan ketertarikan pada
komputer. Saat masih duduk di bangku SMA, keduanya sering kabur dari kelas untuk
menghabiskan waktu mereka di ruang komputer. Keduanya bahkan sempat meretas
komputer sekolah. Untungnya, Gates dan Allen tidak dikeluarkan karena hal
tersebut. Sebaliknya, mereka diberi izin untuk menggunakan komputer sekolah
selama yang mereka mau. Sebagai gantinya, mereka harus memperbaiki performa
komputer di sekolah.
Dengan
bantuan Paul Gilbert, Gates
dan Allen membuat perusahaan ketika mereka masih SMA. Dinamai Traf-O-Data,
perusahaan itu menjual komputer untuk menghitung lalu lintas dalam kota ke pemerintah
kota Seattle, menurut laporan ThoughtCo. Pada 1973, Gates meninggalkan
Seattle untuk kuliah di Harvard University. Walau mengambil jurusan hukum, dia
masih tetap mencintai programming dan
menghabiskan banyak waktunya di ruang komputer di Harvard. Di sana, dia terus
mengasah kemampuannya dalam membuat software. Tidak lama setelah itu, Allen
pindah ke Boston. Dia bekerja sebagai programmer.
Dia kemudian mendorong Gates untuk keluar dari Harvard agar mereka bisa fokus
untuk mengerjakan proyek mereka. Pada Januari 1975, Allen membaca artikel
tentang microcomputer Altair
8800 di majalah Popular Electronics dan menunjukkannya ke Gates. Hal ini memicu
Gates untuk menghubungi MITS, perusahaan yang membuat Altair. Gates menawarkan
diri untuk menulis bahasa programming yang
kompatibel dengan Altair. Selama delapan minggu, Gates dan Allen membuat demo
untuk ditunjukkan ke MITS. Setelah melihat demo buatan Gates dan Allen, MITS
setuju untuk mendistribusikan dan memasarkan software buatan Gates dan Allen
dengan nama Altair BASIC. Kontrak dengan MITS inilah yang menginspirasi Gates
dan Allen untuk membuat perusahaan software mereka sendiri. Dan pada April
1975, Microsoft didirikan di Albuquerque, New Mexico. Alasan Gates dan Allen
memilih kota tersebut adalah karena di sanalah markas dari MITS.
Produk Microsoft
1.
Microsoft
Office
produk
milik microsoft ini memang sangat dibutuhkan dan diandalkan banyak orang mulai
dari anak anak hingga orang dewasa. Microsoft office memiliki rancangan yang
mana bisa di gunakan dalam sistem operasi Mac OS X dan Windows. Dengan begitu
membawa nama microsoft menjadi semakin melejit, karena micsrosoft office memang
sangat populer.
2.
Windows
Windows
merupakan sistem operasi miliki microsoft yang banyak digunakan orang
orang. Windows sukses dengan banyaknya perangkat PC yang menmbawanya
menjadi sistem operasi secara default. Awal kehadira windows bermula dari
Windows XP hingga kini menjadi Windows 10. Tidak heran jika windows sendiri
berhasil mendominasi pasar sistem operasi dengan 50.99% di tahun 2019.
3.
OneDrive
Onedrive
adalah sistem penyimpanan canggih pengganti falsdisk atau hardisk eksternal.
Produk milik microsoft ini memiliki layanan awan atau biasa disebut sebagi
cloud storage dimana akan ememudahkan kalian untuk menyimpan data. Sebagai
layanan komputasi awan seperti Google drive atau Dropbox tentunya memudahkan
para penggunanya untuk mengakses program ini.
4.
Skype
Microsoft
juga memiliki product yang memiliki fungsi seperti aplikasi chatting whatsapp.
Aplikasi ini akan memudahkan kalian untuk melakukan panggilan video atau video
call, chatting dan bebas pulsa hanya mengandalkan kuota internet saja.
5. Wunderlist
Produk
microsoft yang diberut pada tahun 2011 lalu ini merupakan aplikasi yang
menghadirkan layanan pengelola tugas dengan system cloud. Aplikasi ini akan
membantu kita mengelolah tugas bahkan melalui ponsel pintar, atau tablet
sekalipun. Pada tahun 2015 Wunderlist yang diakusisi oleh Microsoft ini
memiliki 13 juta pengguna. Namun sayangnya produk microsft ini dihentikan dan
dikembangkan ke aplikasi baru dengan nama Microsoft To-Do.
Omset Perusahaan Microsoft
Microsoft mencatatkan
pendapatan sebesar US$ 41,7 miliar atau sekitar Rp 604,6 triliun (kurs Rp
14.500/US$) pada kuartal I 2021. Jumlah itu naik 19% dibandingkan periode yang
sama tahun lalu sebesar US$ 35 miliar. Peningkatan tersebut salah satunya
ditopang oleh pendapatan layanan komputasi awan (cloud) yang sebesar US$ 15,1
miliar atau naik 23,1% secara tahunan. Pendapatan layanan cloud Azure juga tercatat naik 50% secara tahunan
karena diminati konsumen selama pandemi virus corona Covid-19. Kemudian,
pendapatan produktivitas dan bisnis sebesar US$ 13,5 miliar pada Januari-Maret
2021. Nilainya meningkat 15,4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya
karena didorong oleh Office Commercial dan LinkedIn.
Pendapatan yang berasal dari segmen komputasi pribadi (personal computing) sebesar US$ 13,03 miliar pada tiga bulan pertama tahun ini. Jumlah ini meningkat 23,1% secara tahunan lantaran didorong oleh produk gim dan gawai Surface. Adapun, pendapatan Microsoft tercatat naik 55,5% jika dibandingkan sejak kuartal I-2018. Meningkatnya ragam produk teknologi yang dimiliki perusahaan serta kepercayaan konsumen membuat pendapatan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini terus bertumbuh tiap tahunnya.
Keunggulan Perusahaan Microsoft
Microsoft
memiliki apa yang disebut Warren Buffett sebagai parit yang kuat: keunggulan
kompetitif yang melindunginya dari saingan dan memungkinkan keuntungannya yang
besar. Kekayaan intelektual Microsoft — khususnya, paten dan kode perangkat
lunak berpemiliknya — berkontribusi pada kedalaman paritnya.
REFERENSI
https://www.academia.edu/35391237/Gojek_makalah
https://tekno.esportsku.com/amp/5-produk-microsoft-yang-paling-sukses/
Komentar
Posting Komentar