TUGAS1_PTKIA_50420206/APPRILIA AGUSTI/1IA19

 


PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER DAN INFORMASI A



NAMA            : APPRILIA AGUSTI  

                    NPM                : 50420206

                    KELAS            : 1IA19

                    ASAL SMA    : SMA PUSAKA NUSANTARA 2 BEKASI

                    KOTA             : BEKASI

 

 1.    Manfaat Komputer sebagai sarana Komunikasi, Alat Pendidikan, dan Alat Kesehatan.

a.               Manfaat Komputer Sebagai Sarana Komunikasi

            Dahulu orang hanya menggunakan telepon dan radio sebagai alat komunikasi. Sebetulnya kedua         alat tersebut sudah cukup untuk melakukan komunikasi. Tetapi seiring perkembangan zaman,               berkomunikasi sekarang tidak lagi diartikan hanya saling bertukar suara saja, namun harus lebih           dari itu. Misalnya juga dengan saling bertatap muka, walaupun kedua pihak yang berkomunikasi            tidak  berada pada lokasi yang sama.

 a. Manfaat Komputer Dalam Komunikasi, yaitu :

     1. Media Penghubung Dengan Dunia

             Sebelum internet berkembang seperti sekarang, orang-orang seperti punya batas yang besar jika         ingin mengetahui apa yang sedang terjadi saat ini di negara seberang. Memang ada media lain                seperti koran, televisi, dan juga radio. Namun, media tersebut masih dirasa kurang karena jumlah            beritanya memang sedikit porsinya jika dibandingkan dengan info di dalam negeri.

            Baru setelah internet dikenal luas oleh masyarakat, kita bisa memperoleh informasi dari dunia            sebanyak mungkin. Tidak ada batasan dan juga kita bisa mendapatkan informasi yang bahkan jauh         lebih detil jika dibandingkan media yang lain. Tidak hanya informasi, kita pun juga dapat                       berbicara langsung dengan orang asing hanya dengan perangkat komputer dan internet saja. Oleh            sebab itu, komputer menjadi salah satu media penghubung dengan masyarakat di dunia.

   2. Alternatif Media Hiburan

            Media hiburan saat ini bahkan bisa semua kamu dapatkan hanya dalam satu perangkat saja               yakni komputer dan internet. Percaya atau tidak semua perangkat media yang ada saat ini bisa               dilakukan menggunakan komputer. Contohnya, musik, radio, film. Secara tidak langsung,                       perangkat yang terpisah-pisah di zaman dulu seperti MP3, VCD Player, radio, dan Televisi dapat           dilakukan hanya dalam satu perangkat saja.

   3. Media Pembuatan Software dan Aplikasi

          Sudah menjadi hal pasti pentingnya komputer pada bidang ini adalah sebagai media untuk                  pembuatan software dan aplikasi. Tanpa komputer, programmer akan sulit membuat sebuah                   program maupun aplikasi. Ini sama halnya dengan kita ingin menulis tapi tidak ada alat tulis. Pada         dasarnya memang komputer merupakan alat yang digunakan oleh para programmer unuk membuat       sebuah aplikasi maupun software yang nantinya bermanfaat bagi orang banyak.

  4. Media Transfer File

         Apabila kita memiliki file yang ingin dipindahkan ke komputer satu ke komputer lain biasanya          menggunakan flash disk atau disket. Namun, dengan menggunakan internet hal tersebut tidak perlu       menggunakan flash disk maupun disket. Sebab cukup menggunakan kabel LAN untuk                           menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.

         Bahkan, dengan menggunakan internet, kita bisa mengirimkan file sebesar apapun menggunakan        surat elektronik atau sering disebu dengan e-mail.

  5. Media Komunikasi

         Dengan adanya internet saat ini, komputer juga dapat digunakan sebagai media komunikasi                 dengan orang lain. Contohnya, saat ini banyak media sosial maupun forum-forum yang basisnya             menggunakan komputer untuk saling berinteraksi. Dengan begitu, kita dapat berbincang-bincang            dan juga saling tukar pikiran dengan orang lain baik itu di manapun dan kapanpun.

 Contoh :

·      Berbicara dengan teman atau saudara kita

·       Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam

·          Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)

·          Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)

·          Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll



 b.  Manfaat Komputer Sebagai Sarana Alat Pendidikan

            Komputer adalah media atau alat bantu untuk mempermudah pekerjaan seseorang baik dalam        bidang pendidikan maupun yang lainnya. Komputer sangat berperan aktif dalam pendidikan. Selain       dapat mengakses informasi dari segala penjuru dunia, komputer juga dapat membantu para pendidik     untuk mengajar dan menyajikan pelajaran yang menarik dan kreatif baik di sekolah maupun di               perguruan tinggi sehingga peserta didik merasa nyaman dengan pengajaran yang telah diberikan oleh     pendidik.

           Komputer juga dapat membantu peserta didik untuk membuat karya ilmiah yang baik dan                menarik. Informasi – informasi yang mendukung karya ilmiah tersebut dapat di cari melalui internet.     Oleh karena itu, banyak pengguna komputer yang merasa nyaman dengan menggunakan komputer.

    Manfaat komputer dalam pendidikan, yaitu:

    1)   Pendidik dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan          Rivai (1989) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer, yaitu model latihan dan praktek         (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi         (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik             dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta            didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka.

    2)  Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka                dapat mengerjakan tugas – tugas dengan kreatif melalui komputer karena komputer mampu                    menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan lainnya.

    3) Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis                     teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat                    baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

    4)  Sebagai bentuk mengekspresikan kreatifitas seseorang. Bagi orang yang hobi menggambar atau             menulis, ia dapat menggunakan komputer untuk mendukung karyanya.. Begitu juga dengan                    menulis. Kita tidak perlu lagi menulis karangan secara manual dengan pulpen dan kertas tetapi                dengan komputer semua dapat dilaksanakan dengan cepat dan teratur.

Contoh :

·         Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.

 

·         Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power Point; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.


·         Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama dll.

 c.      Manfaat Komputer Sebagai Sarana Alat Kesehatan

        a. Mendiagnosa suatu penyakit dan menentukan obat yang cocok

        b.Melihat dan menganalisa organ – organ tubuh bagian dalam manusia   

        c. Memonitoring status pasien, merecord data pribadi pasien dan riwayat penyakit pasien

        d.Melakukan penelitian ilmiah yang diperlukan

        e.Memasukkan, menyimpan, menggelompokkan dan mengolah data – data secara cepat dan                       mudah

        f. Mendeteksi DNA seseorang

        g.Mengecek dan mengethaui hasil tes darah di laboratorium

        h.Sebagai alat Bantu dalam pemeriksaan medis

        Contoh :

        §  System Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk menggambar struktur otak           dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan            sinar-X.

              §  System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) berguna untuk melihat gambar dari                      berbagai sudut organ tubuh secara bergerak.

        §  SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography) merupakan sistem komputer               yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang                   ditampilkan dalam bentuk gambar.

        §   PET (Position Emission Tomography) merupakan sistem komputer yang menampilkan               gambar yang mempergunakan isotop radioaktif.

         §  NMR (Nuclear Magnetic Resonance) yaitu teknik mendiagnosa dengan cara                               memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.

       §  USG (Ultra Sonography) adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan             gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250             kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor berupa                     gambar dua dimensi atau tiga dimensi.

        §  Helical CT-SCAN adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi,                  dengan potongan tranversal, coronal dan sagital, paling kecil jarak antara potongan 3                  mm.

        §  Magnetic Resonance Imaging ( M R I ) adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara           komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagita.

 

Referensi :

https://www.it-jurnal.com/manfaat-komputer-dalam-dunia-pendidikan/ https://andikaferianblog.wordpress.com/penerapan-komputer-dalam-bidang-kesehatan/

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

APPRILIA AGUSTI_50420026_2IA19_RANGKUMAN WEB CRAWLING_PWS PERT9

Rangkuman Regulasi Pengadaan Barang dan Jasa_APPRILIA AGUSTI_50420206_2IA19_BISNIS INFORMATIKA